Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

INTERNASIONAL · 20 Nov 2017 10:39 WIB ·

Tentara Korut Memiliki Puluhan Cacing Parasit 27 Cm Di Perutnya


 JELASKAN: Lee Cook-jong saat memberikan keterangan pers di Seoul, Korsel, Sabtu (18/11). (AFP PHOTO) Perbesar

JELASKAN: Lee Cook-jong saat memberikan keterangan pers di Seoul, Korsel, Sabtu (18/11). (AFP PHOTO)

Harianrakyataceh.com – Kehidupan yang sulit di Korea Utara (Korut) tergambar jelas dari tentara pembelot Korut yang berhasil masuk Korea Selatan (Korsel). Hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan dokter-dokter Korsel bikin shock.

Dalam tubuh tentara itu ditemukan cacing parasit. Tubuhnya juga penuh luka kritis. Puluhan parasit berwarna merah darah yang sebagian besar berukuran 27 cm itu, ditemukan di saluran pencernaan pria tersebut selama operasi penyelamatan jiwa.

”Dalam karir saya selama 20 tahun sebagai ahli bedah, saya hanya melihat hal seperti ini di buku,” kata ahli bedah Lee Cook-jong.

Selain cacing parasit, mereka juga menemukan biji jagung di perutnya. Dua hal itu mengonfirmasi apa yang banyak ahli dan pembelot katakan tentang situasi makanan dan kebersihan bagi banyak orang Korut.

Prof Choi Min-ho dari Fakultas Kedokteran Universitas Nasional Seoul mengatakan, meskipun mereka tidak memiliki angka solid yang menunjukkan kondisi kesehatan Korut, tetapi para ahli medis berasumsi bahwa masalah infeksi parasit dan masalah kesehatan yang serius telah terjadi di negara itu.
”Kondisi pria ini tidak mengejutkan sama sekali mengingat masalah kebersihan dan parasit di Utara,” ulasnya.

Prajurit Korut tersebut diterbangkan ke rumah sakit dengan helikopter pada Senin (13/11) setelah melarikan diri ke Korsel di bawah tembakan dari tentara Korut.

Dia dipercaya memiliki pangkat sersan staf angkatan darat berusia pertengahan 20-an yang ditempatkan di Area Keamanan Bersama di desa gencatan senjata Panmunjom.

Sementara isi perut pembelot tidak selalu mencerminkan populasi yang lebih luas, statusnya sebagai tentara dengan tugas elit menunjukkan bahwa setidaknya dia akan mendapat gizi sama rata-rata orang Korea Utara.

Rumah sakit yang merawatnya mengatakan bahwa dia telah tertembak di pantat, ketiak, punggung, bahu, dan lutut. Itu belum termasuk luka lain. Penyakit cacingan juga umum terjadi di Korsel. Tetapi, pada 40 dan 50 tahun yang lalu. Penyakit itu, kata Lee, lenyap seiring perbaikan perekonomian. (*)

(tia/The guardian/BBC/JPC)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

DK PBB Akhirnya Sepakati Resolusi Gencatan Senjata di Gaza

27 March 2024 - 13:58 WIB

Resolusi Gencatan Senjata di Gaza Akhirnya Disahkan oleh Dewan Keamanan PBB, AS Pilih Abstain

26 March 2024 - 14:13 WIB

Biadab! Tak Kapok Dikecam, Israel Kini Lancarkan Operasi Militer Baru di Khan Younis, Gaza selatan

25 March 2024 - 14:21 WIB

Pj Gubernur Bustami Minta Panita Besar Wilayah Aceh Pacu Persiapan PON

16 March 2024 - 16:48 WIB

20 Warga Palestina Tewas, 155 Luka-luka Akibat Ditembaki Tentara Israel saat Menunggu Bantuan di Jalur Gaza

15 March 2024 - 14:42 WIB

520.000 Warga Zionis Israel Tercatat Menderita Gangguan Mental Sejak 7 Oktober

14 March 2024 - 14:13 WIB

Trending di INTERNASIONAL