Petani Temukan Senpi di Kandang Lembu

SENJATA TEMUAN: Personil Polres Pidie memperlihatkan barang bukti satu pucuk senjata api laras pendek jenis pistol revolver, yang ditemukan warga didekat kandang lembu miliknya di Gampong Cot Rheng, Kecamatan Pidie, Pidie, Sabtu (18/11). For Rakyat Aceh

SIGLI (RA) – Satu persatu senjata peninggalan masa konflik ditemukan warga, setelah beberapa hari lalu ditemukan di Gampong Beurandang, Kecamatan Cot Girek, Aceh Utara, kali ini senjata api jenis revolver ditemukan petani Pidie, tidak jauh dari kandang lembu.

Pistol yang sudah mulai berkarat tersebut ditemukan Syamaun (45), warga Gampog Cot Rheng, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie. Pria yang berprofesi sebagai petani ini menemukan senjata diduga peninggalan masa konflik didekat kandang lembu miliknya, Sabtu (18/11).

Berdasarkan pengakuan Syamaun kepada polisi, senjata itu ditemukan saat dia menyiapkan pakan ternak, ketika sedang membersihkan kandang didapatinya satu buah kantong plastik berisi senjata api jenis pistol revolver yang sudah berkarat.

Menurut laporan penemu, senjata tersebut merupakan milik saudaranya bernama almarhum Alamsyah yang dipergunakan pada massa konflik dulu.

“Iya benar, ada yang lapor nemuin senjata, pistol revolver. Sudah kami amankan. Penemunya mengaku pistol tersebut milik abangnya, Alm. Alamsyah, digunakan saat masa konflik Aceh,” kata Kapolres Pidie, AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar S.Ik, Senin (20/11).

Disebutkan, saat mengetahui benda karatan tersebut adalah sebuah senjata api, Syamaun langsung menghubungi pihak kepolisian resor Pidie. Saksi langsung menguburkan senjata tersebut karena tidak berani membawa kerumahnya, kemudian dia melaporkan temuan tersebut kepada pihak Kepolisian Resor Pidie.

Menerima laporan tersebut, tim opsnal Polres Pidie yang di pimpin oleh Iptu Andri Permadi SIK, langsung mendatangi lokasi penemuan dan menggali kembali kantong benda yang dikuburkan oleh saksi, saat dicek oleh polisi didalamnya terdapat satu pucuk senjata api jenis pistol yang sudah berkarat, kini telah diamankan di Mapolres Pidie.

Lebih lanjut Kapolres mengimbau kepada masyarakat yang masih menyimpan senjata api ilegal, agar segera menyerahkannya kepada pihak berwajib.

Karena jika nanti ditemukan dalam operasi, maka akan dihukum dengan berat sesuai aturan negara, pihaknya juga meminta kerja sama dengan masyarakat agar melaporkan segala jenis tindak kejahatan kepada pihak berwajib dan jangan main hakim sendiri.(zia/slm)