FIFA Hitung Poin Pertandingan Aceh World Solidarity Cup

STADION Harapan Bangsa yang berlokasi di Lhong Raya, Banda Aceh, sudah siap untuk menggelar turnamen internasional Aceh World Solidarity Cup 2017. Turnamen akan berlangsung 2-6 Desember 2017. FOTO: ARIFUL USMAN/RAKYAT ACEH

Harianrakyataceh.com – Meski baru tahun pertama, dan dilakukan dalam persiapan yang terbilang mepet. Turnamen solidaritas antar negara mengalami progres yang baik. Pertandingan yang dilangsungkan dalam Aceh World Soidarity Cup dipastikan masuk dalam agenda resmi FIFA.

Hal itu sebagaimana disampaikan Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono kepada Rakyat Aceh. “Benar, poin negara yang bertanding dalam Aceh World Soidarity Cup masuk dalam hitungan peringkat FIFA,” kata Joko Driyono yang dihubungi Rakyat Aceh, Jumat (24/11).

Laga-laga itu dianggap masuk agenda FIFA karena memenuhi standar kategori A. Jelas, hal ini merupakan sebuah keuntungan bagi Indonesia. Garuda yang baru saja melejit di ranking FIFA bisa kian naik andai bisa melibas semua laga di Aceh World Soidarity Cup.

“Setiap pertandingan timnas, yang para pesertanya yang bertanding, setuju untuk apply as FIFA “A” match category, kemudian FIFA approve, maka pointnya akan dihitung,” sambung Joko menjelaskan. Dirinya juga berharap, turnamen internasional di Aceh juga dapat digelar rutin setiap tahunnya.

“Kita support event ini. Oleh karenanya PSSI terlibat all out. Untuk seperti yang diinginkan gubernur Aceh, kita berharap bisa kita dijalankan rutin beberapa tahun dulu,” ujarnya. Diketahui, Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, berharap kedepan turnamen ini masuk dalam agenda resmi FIFA.

FIFA merilis daftar ranking terbaru negara-negara anggotanya pada Kamis (23/11) tengah pekan kemarin. Di dalam daftar terbaru ranking FIFA, Jerman tetap di puncak. Sementara, Indonesia melejit signifikan, dengan naik 11 anak tangga.

Indonesia mampu melesat ke posisi ke-154 dan mengumpulkan 144 poin. Pada ranking FIFA yang dirilis 16 Oktober, Indonesia hanya menduduki peringkat ke-165 dengan koleksi 117 poin. Dengan kata lain, Indonesia mendapatkan tambahan 37 poin dan naik 11 peringkat dibandingkan ranking sebelumnya.

Peserta AWS Sudah Siap

Para pemain sepakbola dari luar negeri, sudah siap datang ke Aceh mengikuti even Aceh World Solidarity (AWS) yang digelar 2 – 6 Desember 2017 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Pembina AWS, M Zaini didampingi ketua panitia, Ibnu Sa’adan, dalam rapat kemarin menyebutkan peserta luar negeri dari Brunai Darussalam, Mongolia dan Kirgistan sudah siap bermain di Aceh.

Menyangkut persiapan, panitia menyiapkan seluruh kelengkapan mulai akomodasi, transportasi, penanggungjawab lapangan, media, tim kesehatan dan keamanan. “Even ini Internasional, maka segala persiapan benar-benar maksimal sehingga nantinya dapat pengakuan yang baik dari tamu,” kata Zaini. (rif)