Jembatan Alue Boloh Dibangun Kembali

DITERJANG BANJIR: Pengerahan alat berat saat membangun kembali jembatan yang menghubungkan Gampong Latong dengan Gampong Alue Buloh, Kecamatan Seunagan, akibat diterjang banjir, Nagan Raya, Rabu (29/11). IBRAHIM ISTRA/RAKYAT ACEH

SUKA MAKMUE (RA) – Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham, turun langsung untuk meninjau jembatan yang menghubungkan Gampong Latong dengan Gampong Alue Buloh, Kecamatan Seunagan, Nagan Raya, Rabu (29/11).

Jembatan yang telah amblas di kedua-duanya bagian abutmen akibat di terjang banjir itu akan segera di bangun lagi di tahun 2018 mendatang dan untuk sementara ini di bangun secara darurat agar trasportasi masyarakat tidak terganggu.

Amblasnya Abutmen jembatan di Gampong Alue Buloh itu karena terkikis arus sungai Krueng Nagan setelah diguyur hujan terus menerus selama beberapa hari terahir.

Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham mengatakan, jembatan yang menghubungkan Gampong Latong dengan Gampong Alue Buloh, Kecamatan Seunagan itu sangat perlu untuk segera di tanggani agar jalus transportasi masyarakat kembali lancar.

Untuk membangun jembatan tersebut, pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya telah mengusulkan melalui dana otonomi khusus (Otsus) tahun 2018 berkisar Rp3 miliar yang sekarang sedang dibuat perencanaannya.

“Pembangunan jembatan yang menghubungkan Gampong Latong dengan Alue Buloh ini nantinya akan dibangun dengan mengunakan dana Otsus 2018 dan bila harus ditambah dengan dana APBK akan kita alokasikan,” kata Bupati HM Jamin Idham.

Sebelumnya, Keuchik Gampong Alue Buloh, Marzuki mengatakan sebenarnya warga setempat telah membuat jembatan darurat untuk kendaraan roda dua, tapi akibat di terjang banjir kembali runtuh.

“Jembatan ini adalah salah satunya akses jalan yang menuju ke Jeuram, kalau jembatan ini putus maka warga harus melalui jalan memutar lewat simpang empat yang jarak tempuhnya hampir 15 km,” kata Keuchik Marzuki. (ibr/bai)