PN Suka Makmue Beroperasi Maret

PENINJAUAN: Tim Mahkamah Agung RI antara lain, Kepala Bagian Anggaran Biro Perencanaan Mahkamah Agung RI, H. Syahwan, saat peninjauan di Nagan Raya, Rabu (29/11). IBRAHIM ISTRA/RAKYAT ACEH

SUKA MAKMUE (RA) – Kantor Pengadilan Negeri (PN) dan Mahkamah Syar’iah Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya akan mulai beroperasi Maret 2018 mendatang. Untuk sementara PN Suka Makmue menempati Kantor Disbudparpora lama Nagan Raya, sedangkan Mahkamah Syar’iyah Suka Makmue di gedung bakas MTQ Aceh di Alun-Alun Suka Makmue.

Kantor PN dan Mahkamah Syar’iyah Suka Makmue kedua-duanya berlokasi di kompleks perkantoran pemerintah Nagan Raya. Tim Mahkamah Agung RI meninjau langsung kantor yang akan digunakan untuk PN dan Mahkamah Syar’iyah, dalam kunjungan nya didampingi Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham, Kapolres Nagan Raya AKBP Mirwazi, Sekda Cut Intan Mala.

Selain menunjai kantor, mereka juga meninjau lahan untuk pembangunan Kantor PN dan Kantor Mahkamah Syar’iyah di Kompleks Perkantoran Suka Makmue.
Kepala Bagian Anggaran Biro Perencanaan Mahkamah Agung RI, H Syahwan SH MH mengatakan, Kantor PN Suka Makmue dan Kantor Mahkamah Syar’iyah Suka Makmue itu akan mulai beroperasi Maret 2018 mendatang.

Untuk beroperasi kantor tersebut, Mahkamah Agung akan menempatkan sebanyak tujuh orang Hakim. Selain PN Suka Makmue, Mahkamah Agung membuka 86 PN baru di seluruh tanah air.

“Untuk sementara ini hakim di bentuk seminimalis minimal harus tujuh orang hakim, karena PN ini ada 86 PN baru, sehingga membutuhkan hakim yang begitu besar,” kata Syahwan.

Menurutnya, untuk sementara ini di bentuk satu anggota Majalis Hakim dan Satu Ketua Mejelis Hakim, termasuk juga panitera sama Panitera Pengganti (PP).

Kata Syahwan, dari seluruh perkara yang ditangani PN Meulaboh, Kabupaten Aceh barat, 50 persen perkara berasal dari Kabupaten Nagan Raya. “Maka dengan beroperasi PN dan Mahkamah Syar’iyah Suka Makmue, Nagan Raya, perkara yang di tangani PN Meulaboh akan berkurang karena sudah terbagi ke PN Suka Makmue,” kata Syahwan.

Sementaran itu, kata Syahwan, untuk pembangunan gedung PN Suka Makmue dan Mahkamah Syar’iyah Suka Makmue masih dalam proses untuk di bangun. “Pembangunan gedung baru ini karena sekarang ada moratorium Presiden, maka kita menunggu izin Presiden dulu. Nanti kalau izin presiden sudah keluar baru akan di bangun,” kata Syahwan.

Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham mengatakan, pihaknya sangat mendukung terbentuknya Kantor PN dan Mahkamah Syar’iyah Suka Makmue, Nagan Raya yang akan mulai beroperasi Maret 2018 mendatang.

Sementara itu, Kapolres Nagan Raya AKBP Mirwazi mengatakan, dengan adanya Kantor PN dan Mahkamah Syar’iyah Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya itu sangat membantu tugas kepolisian. “Selama ini kita harus ke PN Aceh Barat yang sangat jauh dari Nagan Raya dan sangat berasiko tinggi bagi Polri,” kata Kapolres Mirwazi. (ibr/bai)