Sekolah Diliburkan Bila Hujan Turun

0
30
Pemandangan kota Madinah. (PPI Dunia for JawaPos.com)

rakyataceh.com – Langit gelap terlihat hujan akan turun. Para mahasiswa di barat Arab Saudi memantau informasi melalui twitter, sebagian akun resmi Twitter Universitas-Universitas di kota Makkah, Jeddah, dan Taif sudah mengumumkan pemberitahuan bahwa perkuliahan esok hari, Selasa (21/11) diliburkan.

Kementerian Pendidikan Arab Saudi Provinsi Makkah juga mengumumkan kegiatan belajar mengajar di sekolah-sekolah di seluruh Provinsi Makkah diliburkan.

Pelajar Indonesia di Madinah, Imam Khairul Annas mengatakan, Kementerian Pendidikan Arab Saudi Provinsi Madinah meliburkan kegiatan belajar mengajar di Wadi al-Fura’ dan Yanbu, yang kemudian akhirnya juga meliburkan kegiatan belajar mengajar di seluruh Provinsi Madinah.

Sementara, Kementerian Pendidikan Arab Saudi Provinsi Tabuk meliburkan kegiatan belajar mengajar di Dhuba, al-Wajh, dan Umluj.

’’Universitas-universitas yang diliburkan di tiga provinsi yaitu Umm al-Qura University (Makkah), Taif University (Taif), King Abdulaziz University (Jeddah), Jeddah University (Jeddah), Taiba University (Madinah), dan Islamic University in Madinah (Madinah),” katanya.

“Itu dilakukan karena hujan turun di Madinah selama lima jam sejak pukul 02.00 sampai dengan pukul 07.00,’’ papar Imam yang baru saja menyelesaikan S1 Da’wah and Ushuluddin Student di Islamic University Madinah tersebut.

Di negara Arab Saudi hujan memang jarang sekali turun, bahkan dalam setahun hujan dapat dihitung dengan jari. Hujan juga identik dengan perpindahan musim, dari musim panas ke musim gugur, dari musim gugur ke musim dingin, atau dari musim dingin ke musim semi.

Untuk tahun 2017 ini, hujan bisa dibilang terlambat datang, sehingga Raja Salman meminta kepada seluruh masyarakat di Arab Saudi menunaikan salat istisqa (salat minta hujan kepada Allah) di seluruh masjid di Arab Saudi termasuk Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. (ina/ce1/JPC)