Sekeluarga Terlindas Truk

Tiga korban laka lantas yang meninggal di Rumah Sakit Umum Sultan Iskandar Muda, Nagan Raya, Ahad (10/12). IBRAHIM/RAKYAT ACEH

Tiga Meninggal, Seorang Selamat

SUKA MAKMUE (RA) – Satu keluarga meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) di Jalan Nasional Meulaboh Tapaktuan, tepatnya kawasan Gampong Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, Ahad (10/12).

Para korban meninggal dunia masing-masing Faozanolo Tafonao (31), bersama istri, Demisiria Hulu (30), dan anak perempuannya, Nofriani Tafonao (3). Sementara keponakannya, Faduhusa Tafonao (2,5 tahun) selemat dalam musibah itu.

Warisman (19), merupakan keluarga korban, mengatakan, Faozanolo Tafonao (31), sudah setahun bekerja sebagai karyawan PT Fajar Baizuri di Kecamatan Tadu Raya, Nagan Raya, dan tercatat sebagai warga Desa Towaya, Kècamatan Gomo, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Faozanolo Tafonao pergi dari tempat kerjanya menuju Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat mengunakan sepeda motor (Sepmor) Honda Revo BL 3953 VD berboncengan dengan istri, anak, dan keponakannya. Dalam perjalan itu, anak korban yang lainnya berboncengan dengan adiknya, Ode Khata Tafanao (27) bersama istri, Lia (27). Dia sudah duluan tiba ke Kota Meulaboh.

Faozanolo Tafonao meninggalkan empat anaknya yang masih kecil, Lina (2), Mari (5), Firi (7), dan Tafonao (9). Sedangkan anaknya yang meningal dalam kecelakaan itu bernama, Nofriani Tafonao (3).

“Saya beru saja sampai setelah mengetahui adanya kecelakaan, saya belum tau bagaimana kronologis kejadiannya,” kata Warisman (19) di RSUD SIM Nagan Raya, di Ujong Patihah.

Kasat Lantas Polres Nagan Raya, Iptu M.Frans mengatakan, kecelakaan lalu lintas melibatkan kenderaan mobil besar Dum Truck Toyota HINO BL 8592 EC dengan Sepmor Honda Revo BL 3953 VD. Pada kejadian itu, diduga mobil truk yang dikemudikan Mawardi sama-sama datang dari arah Tapaktuan menuju Meulaboh dengan posisi truk di depan.
Setiba di TKP Sepmor Honda Revo BL 5953 VD yang dikendarai Faozanolo Tafonao ingin mendahului truk, dari sebelah kanan, disaat bersamaan dari arah berlawanan datang Sepmot lain (yang belum di ketahui).

“Kemudian, sepmor Honda Revo mengelak dengan cara memotong ke kiri jalan mengenai bagian depan truk sehingga pengendara dan boncengan terjatuh di atas badan jalan serta terlindas ban truk sebelah kiri depan dan belakang yang mengakibatkan tiga meninggal dunia,” kata Kasat Lantas Iptu M.Frans.

Dalam kecelakaan tersebut, kata Kasat, pengemudi truk Toyota Hino BL 8592 EC, Mawardi, (41) warga Gampong Babah Krueng, Kecamatan Beutong, Nagan Raya tidak mengalami apa-apa.

Sementara, pengendara Sepmor Honda Revo BL 3953 VD, Faozanolo Tafonao (31) warga Desa Towaya, Kècamatan Gomo, Nias Selatan, Sumut mengalami luka lecet kepala bagian belakang, kaki kiri kanan luka remuk dan meninggal dunia di tempat.

Sedangkan istrinya Demisiria Hulu (30) mengalami pangkal paha kaki kiri lepas dan tangan kiri luka remuk serta meninggal dunia di tempat. Kemudian anaknya Nofriani Tafonao (3) mengalami pangkal paha kaki kiri lepas serta meninggal dunia. Sementara keponakannya, Faduhusa Tafonao (2,5) mengalami luka Lecet di dijari kaki kanan.
“Dalam kecelakaan ini tiga warga meninggal dunia yang merupakan satu keluarga, dan satu keponakannya mengalami luka ringan,” kata Iptu M Frans. (ibr/mai)