Ribuan Pasangan Belum Punya Buku Nikah

ISBAT NIKAH: Hakim dari Mahkamah Syariah Bireuen tengah melaksanakan proses isbat nikah, Senin (11/12). Data terekam di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, lebih kurang tiga ribu pasangan korban konflik dan warga miskin di Bireuen, masih belum memiliki akta nikah RAKYAT ACEH/RAHMAT HIDAYAT

BIREUEN (RA) – Data terekam di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, lebih kurang tiga ribu pasangan korban konflik dan warga miskin di Bireuen, masih belum memiliki akta nikah.

Dari jumlah itu sekitar 700 pasangan, tahun 2017, telah dibantu proses isbat nikah oleh Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui program digelar Dinas Syariat Islam.

“Lebih kurang 3000 pasangan belum memiliki akta nikah, maka Pemkab Bireuen melalui Dinas Syariat Islam tahun ini sudah menuntaskan melalui kegiatan training advokasi sidang isbat nikah dari dana Otsus bagi 700 kk/pasangan,” ungkap Ketua Panitia Husaini.

Hal itu diungkapkan dalam penutupan training advokasi sidang isbat nikah, oleh Bupati Bireuen H Saifannur, diwakili Kepala Dinas Syariat Islam H Jufliwan, di Aula SMAN 2 Bireuen, Senin (11/12).

Kegiatan itu turut dihadiri Kepala Dinas Kependudukan Sipil Drs Djafar Majid, Kepala Kantor Kementerian Agama Drs Zulkifli Idris dan Ketua Mahkamah Syariah, Khairuddin Harahap.

“Tahun 2018 rencana program dilanjutkan dan ada sekitar 50 pasangan di isbat nikah,” jelasnya. (rah/mai)