Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 14 Dec 2017 07:08 WIB ·

Dapur Garam Tanoh Anoe Butuh Bantuan


 PUTING BELIUNG: Sulaiman Ali membersihkan dapur garam miliknya rusak berat diterjang puting beliung di Bireuen, Rabu (13/11). 
RAKYAT ACEH/RAHMAT HIDAYAT Perbesar

PUTING BELIUNG: Sulaiman Ali membersihkan dapur garam miliknya rusak berat diterjang puting beliung di Bireuen, Rabu (13/11). RAKYAT ACEH/RAHMAT HIDAYAT

BIREUEN (RA) – Pasca rusak berat akibat diterpa puting beliung, minggu lalu, sjumlah dapur garam di Desa Tanoh Anoe, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, butuh bantuan rehab dan perbaikan.

Sulaiman Ali (51) petani garam dan istri Kasmi Usman (40), mengungkapkan akibat rusaknya dua unit dapur garam ukuran 4 meter x 27 meter mereka, otomatis sumber mata pencaharian sehari-hari hilang.

“Dua dapur garam milik saya rusak berat harus dibongkar, saya berharap Pemkab Bireuen membantu membangunnya lagi. Dapur garam ini, sumber ekonomi keluarga dan lima anak semua laki-laki masih sekolah di MIN, Dayah, SMA dan kuliah di Unimal,” keluh Sulaiman Ali, kemarin (13/12).

Rekam data Rakyat Aceh, berkaitan dengan kerusakan rumah, ruko, kios dan dapur garam ekses puting beliung di Desa Tanoh Anoe Jangka. Dalam kunjungannya, kelokasi pengungsi, Selasa (12/12) siang, Bupati H Saifannur, S.Sos, telah memerintahkan tim Dinas Sosial, BPBD, Bina Marga segera melakukan verifikasi faktual datanya dan material dibutuhkan.

Kami berupaya semampunya untuk membantu perbaiki rumah dan tempat usaha yang rusak secara tanggap darurat agar warga segera kembali ke rumah. “Turun dor to dor, hitung secara cermat dan untuk perbaikan apakah dibuat sama pemilik sendiri atau Pemkab harus bawa tukang,” ungkap Bupati.

Sekdes Tanoh Anoe Munirwan juga mengatakan para korbam saat ini sangat membutuhkan perbaikan rumah dan tempat usaha rusak ekses puting beliung. Untuk keakuratan data kerusakan tim Pemkab Bireuen agar melakukan verifikasi ulang sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran dan tidak terjadi polemik dalam masyarakat nantinya.

Data awal yang dihimpun oleh Sekdes untuk rumah rusak parah ada tiga unit yakni milik Rukiah Ismail, Syarifuddin Idris dan Ainon Mardiah. “Agar datanya valid tim Pemkab Bireuen dapat turun secara bersama kelapangan untuk verifikasi faktual,” imbuhnya. (rah/min)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Dampak Cuaca Ekstrem, Petani di Aceh Tamiang Siram Tanaman 2-3 Kali Sehari

28 March 2024 - 06:23 WIB

Polres Bireuen Musnahkan 27,5 Kg Sabu dan 5000 Butir Ekstasi

25 March 2024 - 18:16 WIB

Kapolres Jatmiko Bangunkan Warga Bireuen untuk Sahur

24 March 2024 - 16:56 WIB

Bahron Bakti Diangkat Jadi Sekda Pidie Jaya

22 March 2024 - 15:02 WIB

Berkah Ramadan, BPKH Serahkan Bantuan Bagi Santri MSBS Aceh Besar

20 March 2024 - 21:20 WIB

Irdam Iskandar Muda Resmi Tutup TMMD reguler ke-119 Kodim 0102/ Pidie di Tangse

20 March 2024 - 15:03 WIB

Trending di DAERAH