Aksi Bela Palestina tak Hanya Tugas Orang Timur Tengah!

Palestina (Jerusalem Post)

Harianrakyataceh.com – Dalam Aksi Bela Palestina di Monas, Jakarta, tidak hanya para ulama dan ormas-ormas Islam yang hadir. Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) turut hadir dalam acara akbar tersebut dengan menggunakan atribut serba putih.

Ketua MPR Zulkifli Hasan menyerukan membela Palestina bukan hanya tugas orang Timur Tengah tetap juga tugas bangsa Indonesia. “Saudara-saudara kewajiban kita bukan hanya membela umat Muslim Palestina tetapi membela keadilan sesuai amanat konstitusi kita,” ujarnya dengan suara lantang, Minggu, (17/12).

Dalam suasana langit yang mendung, ia berorasi menyampaikan pentingnya membela Palestina. Membela Palestina sesuai dengan sila pancasila yang kedua. “Yakni kemanusiaan yang adil dan beradab,” katanya.

Aksi Bela Palestina

Aksi Bela Palestina (IKHSAN PRAYOGI/ JAWAPOS.COM)

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengakui Yerusalem jadi Ibu Kota Israel. Pengakuan Trump menimbulkan kemarahan bangsa Palestina dan dunia Muslim. Bahkan sekutu AS seperti Prancis dan Turki menolak keras.

Menteri Agama Lukman Hakim mengatakan, Presiden Jokowi telah menyampaikan agar negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) tidak mengakui Yerusalem jadi Ibu Kota Israel.

“Bahkan Presiden kita hadir dalam KTT OKI di Istanbul. Beliau menyampaikan pengakuan sepihak oleh AS, jika Yerusalem Ibu Kota Israel itu tidak sah, itu hanya kebijakan sepihak,” ujar Lukman.

(ipy/JPC)