Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 18 Dec 2017 04:51 WIB ·

Krueng Teunom Ancam Dua Gampong


 ABRASI : Keuchik Gampong Timpleng bersama warga  memperlihatkan abrasi sungai Krueng Teunom, Kecamatan Pasie Raya, Aceh Jaya, Ahad (17/12)
 Rakyat Aceh /Hendra Sayeng Perbesar

ABRASI : Keuchik Gampong Timpleng bersama warga memperlihatkan abrasi sungai Krueng Teunom, Kecamatan Pasie Raya, Aceh Jaya, Ahad (17/12) Rakyat Aceh /Hendra Sayeng

CALANG (RA) – Abrasi Krueng (sungai) Teunom yang tebing terkikis akibat arus deras di musim hujan mengamcam dua gampong yaitu Gampong Timpleung dan Gampong Krueng Bekah di Kecamatan Pasie Raya, Aceh Jaya.

Keuchik Gampong Timleung, Syarkawi, kepada Rakyat Aceh menjelaskan abrasi yang terjadi di dua gampong tersebut telah terjadi sejak setahun yang lalu hingga kini. Abrasi itu terjadi semakin parah disaat musim hujan yang mengakibatkan banjir sehingga tebing sungai terkikis. “Masyarakat semakin diresahkan dengan adanya abrasi tersebut,” katanya.

Ia berharap pemerintah untuk membangun tanggul, sehingga dapat mengatasi abrasi. “Hingga saat ini pengikisan tersebut telah terjadi hingga hampir satu kilo meter. Dan hingga saat ini pengikisan tersebut telah mendekati pemukiman warga,” kata Syarkawi.

Sementara, warga Krueng Bekah, Amirruddin mengungkapkan jika pinggiran sungai tersebut tidak segera ditanggulangi dengan segera maka pada suatu saat bisa mengancam rumah warga dan perkebunan, karena terjangan air saat banjir.

“Kita sangat berharap kepada pemerintah untuk segera mencari jalan keluar supaya pengikisan sungai yang telah terjadi segera ditanggulangi demi keselamatan masyarakat serta perkebunan warga,” mohon Amiruddin.

Kepala Dinas PUPR Aceh Jaya, Marzuki, kepada Rakyat Aceh menjelaskan terkait penanganan abrasi Krueng Teunom saat ini telah kita usulkan anggaran kepada pihak provinsi senilai Rp60 miliar.

“Kawasan tersebut rawan abrasi. Namun, nantinya kita akan menurunkan tim, mana yang menjadi perioritas dikarenakan memang banyak laporan masyarakat terjadinya abrasi,” sebutnya. (mag-67/bai)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

BSI Regional Aceh Dorong Penguatan Transaksi Digital Masjid

28 March 2024 - 19:36 WIB

Dampak Cuaca Ekstrem, Petani di Aceh Tamiang Siram Tanaman 2-3 Kali Sehari

28 March 2024 - 06:23 WIB

Polres Bireuen Musnahkan 27,5 Kg Sabu dan 5000 Butir Ekstasi

25 March 2024 - 18:16 WIB

Kapolres Jatmiko Bangunkan Warga Bireuen untuk Sahur

24 March 2024 - 16:56 WIB

Bahron Bakti Diangkat Jadi Sekda Pidie Jaya

22 March 2024 - 15:02 WIB

Berkah Ramadan, BPKH Serahkan Bantuan Bagi Santri MSBS Aceh Besar

20 March 2024 - 21:20 WIB

Trending di DAERAH