MUSIBAH: Kebakaran di Kampung Simpang Utama, Dusun Teniron, Bener Meriah, Sabtu (16/12) malam. MASHURI /RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Kebakaran hanguskan enam rumah dan satu gudang di Bener Meriah dan Aceh Tenggara, dini hari, Sabtu (16/12). Enam rumah diantaranya berada di Pondok Baru, Simpang PLN Bener Meriah, Desa Simpang Utama, Dusun Teniron.

Sementara di Jalan Melati, Desa Kutacane, Babussalam, Aceh Tengara walau hanya satu rumah terbakar, turut menyebabkan korban jiwa.

Selain enam rumah dan gudang, kebakaran di Bener Meriah juga menyebabkan satu mobil hangus terbakar. Kapolsek Bandar, AKP Darmawi Hasibuan mengatakan, informasi yang berhasil dihimpun, seorang penyewa bernama Deni terbangun akibat asap tebal masuk rumah sekitar pukul 02.00 WIB. Belakangan diketahui sumber asap tersebut dari gudang pemilik kontrakan Ngatiman.

“Selanjut, Deni langsung melihat api menyambar ke tangki mesin babat yang mana kemudian api dengan cepat membesar dan membakar 1 unit mobil serta barang-barang lain seperti papan, pupuk dan lain-lain,” katanya.

Warga setempat berusaha padamkan api dengan perlengkapan seadanya. Namun usaha tersebut gagal hingga rumah tak terselamatkan. “Kerugaian ditaksir mencapai kurang lebih Rp300 juta,” jelasnya.

Kepala BPBD Bener Meriah Sadra BK, mengatakan, sedikitnya empat unit mobil Damkar diturunkan ke lokasi untuk memadamkan api. “Dua unit damkar bersal dari Pos Pondok Baru, satu unit dari Pos Utama Simpang Tiga dan satu unit dari pos Lampahan,” jelasnya.

Pemilik Tak Berada di Rumah
Korban kebakaran di Kutacane, Adi (34) ditemukan warga saat membersihkan puing-puing kebarakan rumah tersebut, setelah api berhasil dipadamkan. Ia merupakan anak pemilik rumah.

“Rumah tersebut milik Siannur Sihombing (64) pada saat kejadian yang bersangkutan sedang berada di Medan, Sumatera Utara untuk keperluan berobat,” ungkap Kapolsek Babussalam, Iptu Sabrianda.

Kebakaran diduga akibat lampu teplok meledak hingga menghanguskan seiisi rumah dari dalam. “Kerugian kita taksirkan mencapai Rp150 juta rupiah, sementara jenazah korban ditemukan saat keluarga dan warga membersihkan puing-puing, namun kondisi korban telah hangus terbakar,” katanya. (mag-70/val/mai)