16 Jam Jalur Tengah Aceh Putus

LONGSOR: Lokasi badan jalan tertimbun material tebing longsor di Desa Lancong, Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat, Selasa (19/12). DENNY SARTIKA/RAKYAT ACEH

MEULABOH (RA) – Curah hujan tinggi, longsor menimbun jalan lintas tengah menghubung Meulaboh–Pidie. Hal ini menyebabkan arus lalulintas macet total dan pengguna jalan tidak dapat melintas, Selasa (19/12).

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Beni Hardi, mengatakan material longsor yang menutupi badan jalan, tepatnya terjadi pada kilometer 52, kawasan Desa Lancong, Kecamatan Sungai Mas. “Laporan longsornya pada Senin (18/12) sekitar 22.00 Wib,” katanya.

Longsor menutupi badan jalan sepanjang 100 meter, dengan ketinggian 2-3 meter. Kondisi demikian menyebabkan arus lalulintas dari dua arah terputus total, selama 16 jam. Bahkan sampai terjadi antrian panjang. “Sejak semalam sudah terjadi antrian panjang dari dua arah,” jelasnya.

Selain menyebabkan longsor, satu tiang listrik di sekitar lokasi, turut ambruk hingga menimbulkan kepadaman listrik di Kecamatan Sungai Mas.

Pihak BPBD, telah melakukan penanganan dampak longsor, dengan melibatkan seluruh unsur, BPBD, Polri, TNI dan warga sekitar. Satu unit kendaraan berat, diturunkan untuk membersihkan material tumbunan longsor yang menutupi badan jalan. “Sebelum pakai alat. Warga sekitar ada bersihkan manual, tapi mana sanggup karena sampai 100 meter,” terangnya.

Timbunan longsor baru dapat dibersihkan dari badan jalan, selama tiga jam lebih pekerjaan alat beratr. “Sekitar pukul 13.00 wib, jalan tersebut sudah bersih. Sekarang sudah bisa dilalui pengendara lagi,” tutup Beni. (den/bai)