Warga Serahkan AK-57 Sisa Konflik

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Saladin SH memperlihatkan satu unit senjata api laras panjang sisa konflik yang diserahkan warga di Banda Aceh, Rabu (20/12). FOR RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Polresta Banda Aceh mengamankan sepucuk senjata api AK-57 sisa konflik. Senjata api yang masih aktif tersebut diserahkan seorang warga berinisial A, asal Aceh Timur.

Kapolresta, Kombes Pol T Saladin mengatakan senjata buatan Rusia itu diamankan Selasa lalu bersama magazen tanpa peluru.

“Yang bersangkutan hanya menyimpan senjatanya tanpa peluru. Kita jemput dari rumahnya. Sebelumnya bersangkutan takut menyerahkan senjata, karena takut,” ujarnya.
Menurutnya senjata api itu telah disimpan A dengan waktu lama ditempat yang tidak diketahui orang lain.

”Kita beri keyakinan pada yang bersangkutan, bahwa tidak akan diproses dan kita buktikan bila menyerahkan senjata, apalagi sebelumnya ia simpan,”katanya.

Mantan Kabid Humas Polda Aceh ini juga mengimbau masyarakat lainnya yang masih mengetahui atau menyimpan senjata sisa konflik, agar langsung diserahkan ke pihak berwajib, demi memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

”Saya yakin senjata sisa konflik masih banyak beredar di Aceh. Jadi kita imbau masyarakat untuk dapat menyerahkannya kepada kepolisian. Tidak perlu takut, karena tidak akan diproses hukum, malah kita apresiasi dan saya jamin itu,” tegasnya. (ibi/mai)