Makin Panas, Rusia Siap ‘Tengahi’ Konflik AS-Korut

Rudal Korut (Reuters)

Harianrakyataceh.com – Rusia mengatakan, pihaknya siap bertindak sebagai mediator untuk Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara (Korut) dalam perundingan damai. Kremlin meminta kedua belah pihak harus mengadakan perundingan damai sebab konflik AS dan Korut makin memanas.

“Rusia siap jika kedua belah pihak menyetujuinya,” kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov dillansir dari Reuters, Selasa, (26/12).

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS, Justin Higgings mengatakan, AS memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan Korut melalui berbagai jalur diplomatik. “Kami ingin rezim Korut memahami bahwa ada jalan lain yang bisa dipilih, namun terserah kepada Korut untuk mengubah arah dan kembali kepada perundingan yang kredibel,” katanya.

Kim Jong Un Menyaksikan Peluncuran Rudal

Kim Jong Un Menyaksikan Peluncuran Rudal (Reuters)

Washington tetap terbuka untuk melakukan pembicaraan. Namun tanggung jawab ada di Korut untuk menahan diri dari provokasi lebih lanjut.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan (Korsel) memperkirakan Korut akan membuka perundingan dengan AS tahun depan sambil terus mencari pengakuan atas kekuatan nuklirnya secara de facto.

Washington menekankan perlunya semua negara, terutama Rusia, dan Tiongkok sebagai mitra dagang utama Korut untuk menerapkan sanksi penuh. Termasuk dengan memotong pasokan minyak.

Menurut data bea cukai Tiongkok, Tiongkok tidak mengekspor produk minyak ke Korut  pada bulan November. Bahkan tampaknya melampaui sanksi PBB yang diberlakukan awal tahun ini. Beijing juga tidak mengimpor bijih besi, batubara,  timah hitam Korut pada bulan November.

(Reuters/iml/JPC)