1.408 Lansia Dapat Bantuan

Sarman Jayadi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra (baju batik), menyerahkan uang santuan kepada Lansia di Simeulue, Rabu (27/12). AHMADI/RAKYAT ACEH

SIMEULUE (RA) – Tahun 2017, Pemerintah Kabupaten Simeulue, gelontorkan anggaran sekitar Rp2 miliar, yang diperuntukkan untuk bantuan kepada warganya yang Lanjut Usia (Lansia) atau Jompo, yang berusia 70 tahun.

Program bantuan dan santuan dalam bentuk uang itu, kepada 1.408 orang Lansia dan Jompo yang tersebar di 10 Kecamatan dalam Kabupaten Simeulue itu, yang diserahkan empat bulan (September, Oktober, November dan Desember).

Masing-masing penerima mendapat Rp300 ribu per bulan, atau dalam satu tahun Rp1,2 juta per orang yang bersumber dari APBK Perubahan 2017.

Terkait program bantuan dan santunan kepada Lansia dan Jompo itu, dijelaskan Sarman Jayadi, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Simeulue, kepada Rakyat Aceh, sesaat setelah perdana menyerahkan uang bantuan dan santunan itu, Rabu (27/12).

“Hari ini kita serahkan perdana bantuan dan santuan kepala warga kita yang Lansia dan Jompo, sebanyak 1.408 orang dan progam perdana Pemerintah Kabupaten Simeulue dan ini murni sumber anggarannya dari APBK kita,” katanya.

Seluruh Lansia atau Jompo ini, merupakan penerima bantuan dan santunan telah lolos verifikasi sehingga layak ditetapkan sebagai penerima, sebab Lansia atau Jompo yang berstatus pensiunan dan keluarga yang mampu tidak mendapat bantuan dan santunan.

Direncanakan tahun 2018 program bantuan dan santunan itu akan dilanjutkan, apabila keuangan daerah mampu, serta diharapkan dengan bantuan dan santunan itu dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan dan kepentingan para Lansia dan Jompo.

“Tahun depan program ini kita rencanakan tetap berlanjut, serta bagi penerima bantuan dan santunan ini untuk dimanfaatkan untuk kepentingan dan keutuhan Lansia dan Jompo, meskipun nominalnya sedikit,” imbuhnya.

Penyerahan perdana dana bantuan dan santunan itu, digelar di kawasan Desa Malasin, Sibigo, Kecamatan Simeulue Barat, Rabu (27/12) yang turut dihadiri para aparat desa, serta pejabat teras Pemkab Simeulue.

“Kami bersyukur dengan bantuan dan santunan ini dan ini baru pertama kali ada bantuan kepada kami yang sudah berumur tua ini,” kata salah seorang penerima bantuan dan santunan, saat mengungkapkan terima kasihnya kepada Sarman Jayadi. (ahi/bai)