5 Sindikat Pencuri Diringkus

Petugas Polsek Wih Pesam menunjukkan barang bukti dan tersangka, Rabu (27/12). MASHURI/RAKYAT ACEH

REDELONG (RA) – Lima orang sindikat percurian yang meresahkan warga di Kabupaten Bener Meriah berhasil diringkus oleh anggota personil Polsek Wih Pesam. Pelaku diketahui kerap melakukan aksi pada malam hari.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Bener Meriah, AKBP Fahmi Irwan Ramli SIK MSi melalui Kapolsek Wih Pesam, Ipda Muhammad Nasir ST, saat gelar press release di depan Kantor Polsek Wih Pesam, Rabu (27/12).

Selama 5 bulan terakhir, kata Muhamad Nasir, pelaku telah melancarkan aksinya dan meresahkan masyarakat Bener Meriah. “Pelaku sudah berhasil menjarah beberapa rumah dan dari tangan pelaku telah diamankan barang-barang yang sudah dicuri, diantaranya dua bundal pakai wanita dan anak, springbead, ambal (permadani), tabung gas, mesin merek dompeng, soundsistem, biji coklat dan mesin pompa air,” katanya.

Dikatakannya, pelaku telah membobol toko jilbab masyarakat di daerah Mekar Ayu, Kecamatan Wih Pesam dan toko jilbab di daerah Buntul, Kecamatan Permata.

Pelaku berhasil diamankan di dua tempat yaitu, di Kampung Buntul Kepies, Kecamatan Permata dirumah salah satu tersangka dan di Kabupaten Gayo Lues.

Atas perbuatannya, lanjut Muhammad Nasir, para pelaku masing-masing AM (35), FP (31), IR (18), RE (18) dan SM (18), dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman 5 tahun kurungan, karena telah melakukan pencurian pada waktu malam hari.

Dia menjelaskan dalam melakukan aksinya, pelaku mengunakan mobil rental dimana pada saat ini mobil tersebut sedang berada di bengkel. Ia juga menghimbau, agar masyarakat tetap waspada dan segera melaporkan ke Polsek terdekat apabila ada gerak-gerik yang mencurigakan. (mag-70/bai)