Bupati Aceh Selatan T Sama Indra Sektor Perikanan dan Perkebunan Mata Rantai Ekonomi

Bupati Aceh selatan T. sama indra bersama PU Harian Rakyat aceh Imran joni di Bandara SIM Aceh besar kamis (4/1/2018)Ist/Rakyat Aceh

Banda Aceh (RA) Bupati Aceh Selatan Teuku Sama Indra mengatakan ia ingin melanjutkan pembangunan yang belum selesai selama lima tahun kepemimpinannya.

‘Prioritas saya di sektor perkebunan pala dan perikanan yang kini mulai bangkit kembali sebab ini merupakan matai rantai ekonomi masyarakat Aceh Selatan’, ujar T Sama Indra yang ditemui di bandara SIM, Aceh Besar,¬† Kamis (4/1).

Menurutnya dua sektor ini yang kini menjadi andalan masyarakat Aceh Selatan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sejak masa lalu. Dulunya lahan pala luasnya sekitar 16 ribu hektar, kini tingg 12 ribu akibat tanaman sudah mati.

Kita ingin hidupkan kembali tanaman pala dengan mendatangkan pakar tanaman dari Yogyakarta dengan cara agar buah tetap hijau dan tidak membusuk di batangnya.

Di sektor kelautan dan perikanan kata mantan pimpinan bank daerah itu mengatakan saat ini hasil tangkapan nelayan cukup tinggi sehingga diperlukan adanya colt storage (pabrik es) untuk menampung ikan agar tidak busuk.

Ada dua pabrik yang sudah dibangun yakni di Labuhan Haji dan satu lagi perbatasan antara kecanatan Meukek dan Sawang karena daerah ini merupakan kawasan pesisir dan masyarakatnya merupakan sebagian nelayan.

Bahkan kapal nelayan bantuan Menteri Kelautan perikanan diberukan 30 GT, bantuan mesin termasuk yang dibuat Pemkab Aceh Selatan ada yang 10 GT dan 3 GT atau mesin robin. Intinya nelayan sudah banyak tidak mengayuh perahu.

Hasil laut ini mampu mendongkrak Pendapatan Asli Daerah di Aceh Selatan, dimana sejak 2014 hanya Rp 47 Milyar tahun tetapi tiga tahun terakhir mampu naik menjadi Rp 140 Milyar kalau dihitung naik 103 prosentasenya.

Inilah yang akan kita upayakan ke depan jika nanti maju pada periode II kalinnya. Saya ingin bagaimana masyarakat Aceh Selatan bangkit ekonominya dan punya pendidikan yang baik.

Untuk maju kali ini katanya ia bersama wakilnya Harmaini  mantan Sekda Aceh Selatan sudah siap membangun kembali daerahnya baik wilayah timur, Bakongan, Kluet Utara, Selatan maupun kawasan barat, Labuhan Haji, Meukek, Sawang, Samadua.

Untuk maju krmbali ia telah membuat tujuh program unggulan
Makmue meutani, Jaya meupala, hayeu meulaot, meuubat sehat, aneuk meu jroh, alem seumebeut dan indah tamasya alam ceudah.

Buluseuma Tembus

Pada kesempatan itu, TS mengisahkan bagaimana menembus jalan Buluseuma – Trumon ke Kuala Baro Aceh Singkil sekarang tinggal pemberdayaan ekonomi masyarakat di daerah itu. Dan Subulussalam semakin hidup.
Ada TPI mini untuk nelayan sudah dibangun dikawasan itu.