LeKAS Bantu Penyandang Distabilitas

SERAHKAN BANTUAN: Relawan LeKAS berikan bantuan kepada Asril (40) penyandang distabilitas yang mengalami lumpuh total di Tapaktuan, Selasa, (2/1). For Rakyat Aceh

TAPAKTUAN (RA) – Relawan LeKAS (Lembaga Kemanusian Aceh Selatan), Rabu (3/1) kemarin menyerahkan bantuan pada Asril (40), penyandang distabilitas yang mengalami lumpuh kedua kakinya sejak 7 tahun, akibat jatuh dari pohon kelapa.

Muchsin Putra Selatan selaku Koordinator LeKAS, yang juga Ketua Umum Komunitas Wisata Tuantapa menceritakan pada Rakyat Aceh, pertama kali bertemu dengan Asril adalah salah seorang relawan LeKAS, Wiyan yang kebetulan membeli kerupuk di kios jualan Asril.

Dari situlah informasi pertama kemudian di diskusikan bersama relawan LeKAS akhirnya atas persetujuan saudara Asril, relawan LeKAS mencoba menggalang bantuan untuk menggantikan kursi roda yang sehari-hari dipakai untuk berjualan sudah rusak dan tidak layak lagi.

Menurut Muchsin, dalam waktu 3 hari sejak tanggal 29 Desember 2017 kita coba share di medsos bantuan terus mengalir, dan pada tanggal 1 Januari 2018 ada dermawan yang mengantar kursi roda langsung ke pak Asril.

Katanya, dengan demikian dana sumbangan yang terkumpul untuk beli kursi roda diantar langsung ke pak Asril. “Semoga dana bantuan ini dapat digunakan untuk biaya berobat dan tambahan modal usaha pak Asril, karena kursi rodanya sudah ada yang bantu,” katanya.

Ia berharap kedepan, ada dermawan lain untuk membantu pak Asril, terutama untuk biaya berobat dan modal usahanya sebagai penjual kerupuk ubi di kios 3×4 meter yang juga digunakan sebagai tempat tinggalnya bersama keluarga.

Asril yang sudah berkeluarga mempunyai 3 orang anak, sehari-hari bekerja sebagai penjual kerupuk upi di pinggir jalan Seunebok Pasie Raja. Kios tempat jualannya juga langsung dijadikan sebagai rumah tempat tinggalnya bersama keluarga. (mag-79/bai)