NASA: Lubang Ozon Kemungkinan Pulih

ILUSTRASI

WASHINGTON (RA) – Lubang di lapisan ozon mungkin akan segera membaik. Begitu kesimpulan dari sebuah studi NASA yang dirilis pekan ini.

Studi tersebut menggunakan pengukuran dari satelit Aura milik NASA dan dilakukan oleh para ilmuwan NASA. Mereka telah mempelajari kadar klorin di dalam lubang ozon Antartika selama beberapa tahun terakhir dan menemukan tingkatnya telah menurun.

Menurut NASA, ini adalah bukti definitif pertama dari keberhasilan Protokol Montreal tentang Zat yang Merusak Lapisan Ozon.

Protokol Montreal 1987 sendiri diketahui melarang bahan kimia yang menghancurkan lapisan ozon pelindung Bumi, seperti chlorofluorocarbons (CFC) yang sebelumnya digunakan sebagai pendingin dan propelan dalam semprotan aerosol.

Studi tersebut mengungkapkan bahwa ada sekitar 20 persen lebih sedikit penipisan ozon selama musim dingin di Antartika dibandingkan dengan tahun 2005 lalu yang merupakan tahun pertama pengukuran klorin diambil oleh satelit Aura. Demikian seperti dimuat Press TV. [mel/rmol/ra]