Trump Siap Berbicara dengan Kim Jong Un, Takut?

Kim dan Trump (Reuters)

Harianrakyataceh.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan, ia bersedia untuk berbicara kepada pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un melalui telepon. Ia juga berharap akan ada hasil yang positif dari pembicaraan antara Korut dan Korea Selatan (Korsel).

Trump mengatakan, ia bersedia berbicara dengan Kim pada Sabtu, (6/1), di Camp David, Maryland. “Tentu, saya akan melakukan itu. Saya sama sekali tidak masalah dengan itu,” katanya.

Sebelumnya, Korut bersedia untuk berbicara dengan Korsel setelah hampir dua tahun tidak ada perundingan sama sekali. Perundingan antara Korut dan Korsel diperkirakan akan mencakup Olimpiade Musim Dingin, yang akan diadakan di Korsel bulan depan.

Rudal Korut

Rudal KorutĀ (KCNA)

Trump menilai pembicaraan tersebut dapat mengurangi ketegangan di Semenanjung Korea. Selain itu juga memuji terobosan diplomatik tersebut. Ini merupakan hasil tekanan terhadap Korut yang terus-menerus.

“Begini, sekarang mereka sedang berbicara tentang Olimpiade. Ini awal yang bagus. Jika saya tidak terlibat mereka tidak akan berbicara sama sekali sekarang, ‘ kata Trump, Minggu, (7/1).

Ia mengatakan,jika dari pembicaraan tersebut menghasilkan sesuatu ini akan menjadi hal terhebat bagi semua umat manusia. “Ini akan menjadi hal yang hebat di dunia,” kata Trump.

Selama ini Trump dan Kim terus bertengkar sejak Trump menjabat. Trump berulang kali memanggil Kim ‘Manusia Roket’ karena telah menguji senjata nuklir dan rudal balistik berkali-kali. Bahkan Trump tak mau kalah dengan mengatakan, ia memiliki tombol nuklir yang lebih besar dari Kim.

(Reuters/iml/JPC)