Aceh Bersaing Lima Provinsi 

Ist/ra

Banda Aceh (RA) Aceh akan bersaing dengan lima provinsi lain rencana bidding (pemilihan) tuan rumah bersama PON XXI 2024.

Mereka yang juga ingin maju  sebagai tuan rumah diantaranya Sumbar, Kepri, Kalteng, Bali, NTB. ‘Kita bersaing dengan lima provinsi itu’, ujar Ketua Umum KONI Aceh, Muzakir Manaf usai rapat panitia bidding Aceh, Selasa (16/1).

Rapat perdana kemarin dihadiri Wagub Nova Iriansyah, Ketua DPRA, Tgk Muharuddin, mewakili Kapolda dan Pangdam, sejumlah anggota DPRA, para Asisten dan SKPA serta pengusaha dan unsur media.

Kata Mualem sapaan akrabnya, untuk memenangkan bidding tersebut diperlukan dukungan dari ketua KONI 34 provinsi di tanah air. Dan itu katanya sudah  mendapat dukungan 70 persen.
‘Kita sudah dapat 24 dukungan dalam bentuk surat dari provinsi tiga lagi secara lisan’, katanya.

Untuk bidding direncanakan pada April 2018 di Jakarta. Ada 28 cabang olahraga dari 56 cabang yang dibagi dua daerah. Maka dengan sisa waktu dua bulan ke depan diperlukan promosi daerah dan memperkuat lagi voter yang sudah ada jangan sampai lari lagi.

Wagub Aceh, Nova Iriansyah mengatakan kerja keras untuk memenangkan bidding sangat diharapkan oleh kepanitiaan  solid dan kompak.

Harus bisa memenangkan dulu intinya lengkapi syarat administratif, program kelengkapan sarana dan prasarana dan keuangan. Kalau ini lengkap Insya Allah kita bisa.

Sementara Ketua DPRA Tgk Muharuddin menyebutkan, dana untuk persiapan menuju lomba bidding sudah diplot Rp 7 milyar pada 2018 semuanya digunakan sebagai bukti pendaftaran,  operasional dan kesekretariatan.

Fokuskan dulu anggaran yang sudah mendekat setelah itu jadi,
Maka tahun depan akan ditambah lagi’, demikian Muhar. (imj)