Puting Beliung Jadi Tontonan Warga Calang

Warga Clang menyaksikan fenomena alam puting beliung, Kamis (18/1). FOTO: Hendra

CALANG (RA) – Warga Calang dikagetkan dengan fenomena angin puting beliung di laut kawasan Pasie Luah Gampong Dayah Baro Kecamatan Krueng Sabee Aceh Jaya, Pukul 17.30 Wib, Kamis (18/1).

Warga yang sedang melintas dan yang ada di kawasan pantai dan langsung mengabadikan fenomena tersebut dengan kamera hanphone. Meski begitu, warga sempat panik dan khawatir akan melanda pemukiman. Apalagi angin tersebut sempat membumbung tinggi seperti batang kelapa.

Putaran angin tinggi membumbung tinggi dan perlahan mulai hilang saat tiba di Pulau Pasie yang tampak dari Pasie Luah.

“Memang air laut diputar membumbung tinggi besar kemungkinan terjadi angin puting beliung” memang sempat menghebohkan warga sekitar yang sedang menyaksikan,” kata salah seorang Warga Dayah Baro Rosi Raimuna (25).

Kabit Kesiapsiagaan pada BPBD setempat, Ismail menjelaskan, terbebentuknya corong penyedut puting beliung karena angin kencang sehingga corongnya menggicil. “sehingga angin tersebut tidak sampai kedaratan. Diterpa angin kencang sehingga menghilang.

Namun memang saat ini mulai terjadinya hujan deras dan disertai hujan. “Angin puting beliung yang terjadi sedemikian rupa memang sebelumnya tidak pernah terjadi namun kita tetap menghimbau kepada warga untuk wasapada,” kata Ismail (Mag-67)