Petani Tripe Jaya Buat Bendungan

ATASI KEKERINGAN: Petani dari tiga desa di Tripe Jaya gotong royong membuat tanggul irigasi untuk mengatasi kekeringan pada lahan mereka, Blangkejeren, Rabu (24/1). BAMBANG YUDI/RAKYAT ACEH

BLANGKEJEREN (RA) – Petani tiga desa bersama TNI di Kecamatan Tripe Jaya, Rabu (23/1) membuat bendungan irigasi manual. Bendungan manual di buat karena bendungan irigasi yang mengairi sawah mereka jebol, akibatnya ratusan hektar sawah kekeringan.

Kegiatan yang langsung dipimpin Danramil Tripe Jaya, Kapten Arh I Wayan Ardibawa ini, langsung diikuti warga di tiga desa, yakni Kampung Pasir, Uyem Beriring dan Desa Pulo Gelime.

“Irigasi yang kami buat bersama masyarakat di tiga desa ini, untuk mengairi persawahan warga seluas 120 hektar, yang terdapat di tiga desa, diantaranya Desa Pasir, Desa Uyem Beriring dan Kampung Pulo Gelime,” ungkap Danramil 06 Tripe Jaya, Kapten Arh I Wayan Ardibawa.

Amir, warga Tripe Jaya mengatakan masyarakat bergotong royong membuat bendungan dari anyaman bambu yang diisi dengan batu dan diikat secara manual.

“Sudah tiga minggu ini lahan persawahan warga di 3 kampung ini mengalami kekeringan, karena tanggul penahan air dari irigasi yang selama ini mengairi lahan persawahan jebol, akibat derasnya air sungai,” sebut Amir. (yud/bai)