Upah Belah Pinang Kering Rp 1.500 Satu Kilogram

Nurmala membelah pinang di lintas Bireuen-Takengon, Ahad (28/1). RAHMAT HIDAYAT/RAKYAT ACEH

BIREUEN (RA) – Ongkos membelah buah pinang bulat lalu dijemur sampai kering dan dikembalikan kepada pemiliknya telah siap dijual, Rp1500 satu kilogram. Saat ini harga jual pinang Rp 11.000 dan sudah turun dari sebelumnya tembus Rp18.000 per kilogram.
“Ongkos belah pinang sekarang ini Rp1500 satu kilogram sampai kering siap dijual,” ujar Nurmala (45) seorang ibu rumah tangga warga tinggal dipinggir jalan lintas Bireuen – Takengon Km 24, ditemui dan ditanyai Rakyat Aceh saat melintasi dilokasi melihat kerusakan jalan nasional depan rumahnya, Sabtu (27/1) siang.

Dikatakan pinang yang sedang dibelahnya sebanyak tiga karung goni besar ukuran 50 Kg itu miliknya warga. Setelah dibelah kalau cuaca panas terik butuh tiga hari pinang sudah kering dan siap dicungkil. Tapi apabila cuaca tidak panas, ada yang sampai satu minggu baru bisa kering.

“50 kilogram buah pinang yang sudah masak dan bagus atau besar isinya saat dibelah dan dijemur kering bisa dapat 12 kilogram. Kalau kurang besar buah dan isinya sekitar 10 kilogram,” ungkapnya.

Untuk harga buah pinang bulat dibeli oleh penampung Rp1500/Kg dan harga jual pinang belah kering dan pinang kering bulat juga Rp11.000 perkilogram. “Pinang sudah saya belah dan jemur ini nanti diambil sekali banyak 50 sampai 100 kg baru dibayar sekalian,” sebutnya.

Selain bekerja sambilan membelah buah pinang mencari uang masuk tambahan, ditempat tinggalnya itu Nurmala juga setiap hari menjual pisang berangan atau pisang ayam, pepaya, harganya berfariasi. Buah yang besar Rp10 ribu dan kecil dua buah Rp15.000, tuturnya. (rah/min)