Ketua Apepi Aceh Harun Keuchik Leumiek Harga Emas Naik Signifikan

Ketua Apepi Aceh Harun Keuchik Leumiek tengah berkunjung ke Kantor Harian Rakyat Aceh /Ist
Banda Aceh (RA) – Ketua Umum Asosiasi Pedagang Emas dan Permata Indonesia (Apepi), Aceh, Harun Keuchiek Leumiek mengatakan, satu bulan terakhir ini harga emas di Aceh bergerak naik signifikan. Kenaikan ini seiring harga nilai tukar dollar.
Kecuali itu, naiknya harga emas berkisar antara 10 persen hingga 15 persen emas murni dari harga jual
Rp 1.800.000 – Rp 1.900.000 per mayam. Sedangkan harga sebelumnya dibawah itu yakni Rp 1.700.000.- beda sedikit dengan emas 18 karat dan emas 22 karat.
‘Harga emas jarang sekali turun. Kalaupun turun sedikit’ ujar Harun saat ditanya wartawan, Rabu (31/1). Ia mengatakan naiknya harga emas tidak ada pengaruh dengan anggaran daerah.
Begitupun tambah Harun, emas tetap banyak pembelinya sebab masyarakat masih berpatokan lebih baik beli emas sebagai investasinya daripada menyimpan uang di bank. Emas harganya tidak turun dan juga bisa dipakai sebagai hiasan bagi kaum perempuan.
Bahan baku yang diperoleh para pedagang berasal dari luar, baik emas batangan maupun emas logam. Emas yang paling bagus itu, kata Harun berasal dari India dan Dubai serta Malaysia.
Saat ini ada sekitar 80 pedagang toko emas di Banda Aceh yang kesemuanya sangat berharap agar kondisi Aceh dengan keuangan yang baik pada 2018 sehingga membuat pertumbuhan ekonomi  meningkat juga kesejahteraan masyarakat membaik.
Boleh dilihat fakta bahwa tingkat peredaran uang sekarang banyak aktivitasnya di pasaran  untuk wilayah ibukota provinsi justru berada di perdagangan emas. Meski keuangan Aceh sangat tergantung dengan anggaran daerah dan pusat tetapi masyarakat tidak berpengaruh.
Pihaknya berharap dengan kondisi Aceh yang baik sekarang juga harus dapat seiring dengan pertumbuhan ekonomi karena sama-sama penting sehingga akan tumbuh juga tingkat kepercayaan investor mau menanamkan investasinya di daerah ujung sumatera ini.
‘Kita ingin Aceh ini terus membangun dengan keuangan yang baik dan juga ekonominya bagus dan masyarakatnya sejahtera’, demikian Harun. (imj)