Balita Bocor Jantung Butuh Bantuan

BUTUH BANTUAN: M. Fata (5), anak dari pasangan Salman dan Rita Asmuni warga Desa Ruak, Kecamatan Kluet Utara, mengidap penyakit bocor jantung, Aceh Selatan, Sabtu, (3/2). For Rakyat Aceh

TAPAKTUAN (RA) – M. Fata (5), anak dari pasangan Salman dan Rita Asmuni, yang bekerja sehari hari sebagai petani dan ibu rumah tangga dari Desa Ruak, Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan membutuhkan bantuan para dermawan untuk biaya Operasi ke Jakarta.

“M. Fatta diketahui mengidap penyakit bocor jantung pada umur 4 tahun, karena M. Fatta bila sakitnya kumat kedua bibirnya berubah menjadi biru dan menangis menahan kesakitan cerita orang tua Fatta kepada Relawan Kemanusiaan LeKAS yang menjenguk Fatta dirawat di ruang Picu/Nicu Tapaktuan beberapa hari yang lalu,” kata Koordinator LeKAS, Muchsin Putra Selatan, Sabtu (4/2).

Muchsin menceritakan, menurut keterangan Rita Asmuni ibunya M. Fatta, anaknya kelihatan seperti anak biasa pada umumnya yang tidak sakit bila keadaannya tidak lagi kambuh.

“Pada Bulan Juli Tahun 2017 Fatta pernah dirujuk ke RSUZA Banda Aceh dan akhirnya dibawa ke Jakarta ke RSCM atas rujukan dari RSUZA, pada bulan Oktober 2018 Fatta berobat di RSCM.

Waktu itu pihak rumah sakit menyarankan untuk antri akibat ramainya pasien yang berobat. Lebih kurang dua minggu bertahan di Jakarta tinggal di rumah kost dengan biaya hidup yang pas-pasan, hasil dari menjual apa yang ada demi untuk mengobati anak,” kata Muchsin, menceritakan pengakuan Ayah Fatta.

Sambung Muchsin, karena kondisi keuangan yang sangat terbatas orang tua Fatta akhirnya putuskan untuk pulang dulu ke Aceh. Sekarang keadaan Fatta kambuh kembali, setelah rujuk ke RSUYA Tapaktuan. Rencananya, bila ada yang membantu orang tua Fatta ingin membawa kembali anaknya untuk berobat ke Jakarta, agar dioperasi jantungnya karena sekarang semakin sering kambuhnya.

“Keadaan ekonomi sekarang ini yang sangat sulit terutama untuk biaya tinggal di Jakarta, selama proses pengobatan tentu butuh biaya yang banyak apalagi kalau tidak ada tempat tinggal di sana, mungkin melalui media ini kami berharap adanya pihak pihak yang dapat membantu kami,” kata Muchsin.

Diketahui, Adek Fatta ini pertama sekali diketahui sebagai salah seorang anak dengan diagnosa bocor jantung lagi di rawat di Puskesmas Kluet Utara oleh Relawan LeKAS wilayah Kluet Utara Karmisa, lalu memberitahukan di Group WA dan para relawan akhirnya bersilaturahmi dan menyarankan untuk segera dirujuk ke RSUYA Tapaktuan.

“Melihat kondisi Dek Fatta ini dengan keadaan sakitnya yang memang harus segera mendapat penanganan serius maka kami sangat berharap ada pihak pihak yang dapat