Miris, Murid SD Kampung Walikota Belajar Dibalai

Miris, Murid SD Kampung Walikota Belajar Dibalai/KAYA ALIM

SUBULUSSALAM (RA) – Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kota Subulussalam kembali menemukan sejumlah murid SDN Kampung Tualang, Kecamatan Rundeng kelas V dan VI belum mampu membaca. Hal itu diketahui disaat tim monitoring MPD turun ke SDN tersebut, Selasa (13/2).

Anehnya lagi, saat tim MPD ke SDN Tualang, Kepala Sekolah tidak masuk dan hanya mendapati empat orang guru, 1 orang PNS, 1 orang guru kontrak dan 2 orang bakti. Padahal, diketahui SDN Tualang memiliki 15 orang guru, lima orang PNS termasuk Kepala Sekolah, empat guru kontrak, dan enam Bakti.

Demikian disampaikan Ketua MPD Kota Subulussalam, Jaminuddin B kepada Rakyat Aceh, Selasa (13/2). Ditambahkan, selain masalah murid tak mampu membaca dan guru kurang disiplin, SDN Tualang yang merupakan Desa asal Walikota Subulussalam, H. Merah Sakti itu,juga tak memiliki Ruang Kegiatan Belajar (RKB) yang layak. Mulai murid kelas I sampai VI proses belajar mengajar dilakukan disebuah balai panggung yang berukurang 10 x 15 meter.

“ miris kita melihat dengan keadaan sekolah SDN Tualang yang beberapa masalah kita temui dilapangan. Jelas tidak nyaman proses belajar mengajar jika dilakukan satu tempat “ ujar Jaminuddin.

 

Dalam monitoring yang dilakukan MPD tersebut, juga ditemukan dan membuat kesal para tim setelah mendapat pengakuan siswa bahwa sekolah tersebut baru satu kali dalam satu tahun melaksanakan upacara bendera.

 

Jaminuddin mengakui, sejak Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kota Subulussalam di Jabat oleh Irwan, masalah disiplin guru semakin lemah di karenakan tidak ada reformasi perbaikan, mutu tidak lagi menjadi keharusan yang ada dalam hanya selalu pembangunan fisik “ kenapa hanya pembangunan fisik yang dipikirkannya, karena jelas itu proyek dan tentu ada uang masuk “ tuding Jaminuddin.

 

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Subulussalam, H. Irwan belum berhasil dihubungi untuk dimintai keterangannya. Sebab, saat Rakyat Aceh menghubungi melalui telepon selulernya tidak aktif (lim).