Hubungan Iran dan Israel Makin Panas, Rusia Takut?

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov (Reuters)

Harianrakyataceh.com – Rusia takut hubungan Iran dan Israel yang kian memanas. Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan, Moskow tidak menerima upaya penyelesaian masalah regional melalui perang melawan Iran.

“Kami mengamati ada upaya tersebut di Syria, Yaman, dan Palestina, termasuk pengakuan Yerusalem sebagai Ibu Kota resmi Israel,” ujar Lavrov seperti dilansir Anadolu Agency, Senin, (19/2).

Insiden yang melibatkan drone Iran di Israel juga harus diselidiki. “Belum jelas apakah drone tersebut milik Iran atau bukan.”

Iran

IranĀ (Hotfix)

Terdapat mekanisme untuk menginvestigasi insiden semacam itu, misalnya melalui Pasukan Pengamat Pelucutan Senjata PBB di Dataran Tinggi Golan dan Organisasi Pengawasan Gencatan Senjata PBB.

“Keduanya berhak untuk menyelidiki dan saya pikir penyelidikan insiden itu diperlukan,” kata Lavrov.

Mengenai situasi di Afrin, Lavrov mengatakan, Angkatan Udara Rusia telah menjalin komunikasi dengan Kurdi di Afrin, barat laut Syria, untuk mengurangi ketegangan. Namun upaya tersebut belum berhasil.

Dia juga menegaskan, untuk saat ini, sikap Rusia mengenai Afrin tidak berubah, yakni zona yang diduduki Amerika Serikat (AS) harus segera ditutup.

(met/JPC)