Kejam, Tiongkok Rela Usir Warganya Sendiri Demi Olimpiade 2022

Olimpiade Musim Dingin (Reuters)

Harianrakyataceh.com – Usai Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang di Korea Selatan yang berakhir hari Minggu lalu, kini fokus beralih pada Beijing. Tiongkok sedang menghabiskan waktu dengan melakukan berbagai persiapan sebelum menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin selanjutnya.

Tiongkok siap menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin untuk pertama kalinya tahun 2022 mendatang. Menurut AFP, meskipun masih empat tahun menuju Olimpiade Musim Dingin, dana pengeluaran untuk persiapan olimpiade sudah mencapai setengah miliar dolar AS.

Beijing jadi tuan rumah Olimpiade karena kesediannya membelanjakan anggaran besar. Seperti dilansir Japan Today, Rabu (28/2), Beijing berjanji akan menampilkan sesuatu yang berbeda.

Tiongkok

Tiongkok (Reuters)

Bekerjasama dengan para pejabat melakukan pengembangan berkelanjutan. Juga membangun fasilitas-fasilitas baru pasca olimpiade.

Namun proyek ambisius Tiongkok untuk menjadi tuan rumah olimpiade dilakukan dengan  banyak pengorbanan. Termasuk mengorbankan rakyatnya sendiri seperti di Chongli, tempat akan dilaksanakannya olimpiade snowboard dan ski, petani di sana akan diusir dari tanahnya sendiri.

Di Desa Taizincheng yang akan menjadi lokasi olimpiade yang juga direncanakan akan didirikannya kereta api raksasa. Sedangkan kota salju yang merupakan pemukiman warga desa kini telah rata dengan tanah.

Bukan hanya itu, rumah-rumah atap bata tempat 300 keluarga tinggal di Desa Qipanliang sudah dikosongkan dan telah direncakan untuk dibongkar.

Kawasan tersebut akan menjadi lintasan kereta api ekspres berkecepatan tinggi yang membawa para atlet.

Hanya ada Ying Gui, 64 tahun dan keluarganya termasuk penduduk desa yang masih tersisa di sana.

(trz/JPC)