Aceh Pantas Tuan Rumah PON

PON 2024: Stadion Harapan Bangsa merupakan salah satu tempat yang akan digunakan pada PON 2024 Aceh. ZULKARNAINI/RAKYAT ACEH/DOK

Hasil Verifikasi KONI Pusat
BANDA ACEH (RA) – Tim verifikasi KONI Pusat tiba di Banda Aceh sejak tengah pekan kemarin. Rombongan yang diketuai oleh Surya Dharma ini melakukan verifikasi faktual terhadap Aceh sebagai calon tuan rumah PON XXI tahun 2024. Hasil verifikasi, disampaikan kemarin di Pendopo Gubernur Aceh, Ahad (4/3).

Aceh bertandem dengan Sumatra Utara, sudah mencalonkan diri sebagai tuan rumah bersama Pekan Olahraga Nasional (PON). Dalam penilaian yang dilakukan, tim verifikasi melakukan kunjungan langsung ke sejumlah venue.

“Aceh sangat cocok menjadi tuan rumah PON. Kami melakukan kunjungan langsung ke venue dan sudah melihat, Aceh secara fisik siap menjadi tuan rumah PON. Namun upaya ini belum final, masih ada langkah taktis, teknis dan strategis yang harus dilakukan, agar tuan rumah bisa jadi kenyataan,” kata Marsda (Purn) TNI Surya Dharma.

Lebih lanjut, Wakil V Ketua Umum KONI Pusat Bidang Kerjasama Dalam Negeri, Luar Negeri dan Hukum ini mengatakan, dari hasil verifikasi yang telah dilakukannya, ia memuji Aceh yang kesiapan venue sudah mencapai 70 persen. Padahal PON 2024 baru akan berlangsung enam tahun lagi.

Sementara 30 persen lainny, Surya meyakini hal itu akan mudah bagi Aceh untuk menyelesaikannya dalam waktu lebih kurang lima tahun kedepan bila dalam biding nanti Aceh terpilih sebagai tuan rumah.

Surya menyarankan kepada Gubernur Aceh untuk bisa segera melakukan lobi politik agar kebijakan di pemerintah pusat menjadikan Aceh sebagai tuan rumah PON 2024.
“Karena pada prinsipnya, tim ini hanya melakukan penilaian terhadap aspek fisik, belum sampai pada keputusan penetapan,” sambungnya. Sementara untuk menentukan siapa yang paling pantas sebagai tuan rumah, baru akan ditentukan dalam musyawarah nasional nantinya pada minggu pertama April.

Aceh-Sumut siap menatap Biding tuan rumah PON 2024 yang akan berlangsung pada 6 April 2018 di Jakarta. Aceh-Sumut akan bersaing dengan dua kompetitor lainnya, yaitu tuan rumah bersama Nusa Tenggara Barat-Bali dan Kalimantan Selatan. (rif/slm)