Pejabat Korsel Kunjungi Korut, Buat Apa?

Korea Utara (Reuters)

Harianrakyataceh.com – Pejabat dari Korea Selatan (korsel) akan berkunjung ke Korea Utara (Korut) pada hari Senin, (5/3) untuk membahas hubungan bilateral antara dua tetangga serta potensi hubungan antara Amerika Serikat (AS) dan dan Korea Utara.

Jurnalis Al Jazeera Rob Mc Bride melaporkan dari Ibu Kota Seoul mengatakan, rombongan pejabat Korsel yang berangkat terdiri dari 10 anggota. Dipimpin oleh Kepala Badan Intelijen Nasional (NIS) Suh Hoon dan Kepala Keamanan Nasional (NSO) Chung Eui Yong.

“Salah satu pejabat tersebut, Suh Hoon terlibat dalam dua pertemuan antar-Korea sebelumnya pada tahun 2000 dan 2007. Tampaknya misi delegasi akan menjadi dua kali lipat. Yakni hubungan mereka sendiri dan juga kesempatan Pyongyang dan Washington,” ujar Mc Bride.

Mereka juga akan membahas kemungkinan kunjungan Presiden Korsel Moon Jae In ke Korut setelah undangan tersebut disampaikan kepadanya selama Olimpiade Musim Dingin oleh saudara perempuan Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un.

Bahkan setelah kunjungan dua hari ke Korut, para delegasi tersebut akan melakukan perjalanan secara langsung ke AS untuk mengkomunikasikan hasil diskusi di Pyongyang.

Kunjungan delegasi tersebut merupakan babak terbaru yang luar biasa yang dicapai melalui Olimpiade Musim Dingin. Perjalanan tersebut merupakan tanggapan atas undangan yang ditawarkan oleh saudara perempuan Kim Jong Un.

(ina/JPC)