Kerangka Manusia Ditemukan di Bukit Leusong

TEMUAN KERANGKA: Warga desa Gampong Tumpok Teungoh kecamatan Julok, menemukan kerangka manusia dilahan kebun desa setempat, Aceh Timur, Senin (9/4). MAULANA/RAKYAT ACEH

JULOK (RA) – Warga Gampong Tumpok Teungoh, Kecamatan Julok, Aceh Timur atau lebih dikenal Buket Leusong digegerkan dengan temuan kerangka manusia di areal kebun, Senin (9/4).

Temuan kerangka yang belum diketahui identitas itu menjadi pusat perhatian warga sekitar Julok. “Benar adanya informasi penemuan kerangka manusia itu dilahan warga yang sedang mengambil tanah timbunan.

Kerangka tersebut kondisinya sudah dalam keadaan tidak utuh lagi,” ujar Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro melalaui Kapolsek Julok Ipda Eko Hadianto menjawab Rakyat Aceh.

Kapolsek menjelaskan kronologis temuan kerangka adalah berdasarkan laporan warga yang sedang mengambil tanah timbunan mengunakan eskavator. Saat pengerukan, operator alat berat melihat bungkusan kain mencurigakan yang terbalut didalam kedalaman lebih kurang satu meter.

“Operator melihat ada bungkusan dari kain selanjutnya memastikannya dan melihat isi bungkusan tersebut beriskan kerangka tulang manusia, selanjutnya temuan itu dilaporkan kepada keuchik. Kemudian keuchik bersama masyarakat melaporkan kejadian ini kepada kita,” kata kapolsek.

Sejauh ini, polisi belum mengetahui identitas dan jenis kelamin dari kerangka tersebut. Apalagi mengingat kondisinya sudah sulit diidentifikasi, namun dari barang bukti lain, polisi turut menemukan satu buah sempak atau celana dalam pria.

“Kita tidak bisa memastikan apakah itu kerangka perempuan atau laki- laki karena sulit diidentifikasi sebab kerangka tidak lagi utuh pecahan tulang kepala, hingga tulang- tulang lain juga telah terpisah,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, tulang tersebut saat ditemukan terbungkus dengan sebuah sepanduk bertuliskan himbauan pemilu tahun 2003.

Sementara itu, langkah selanjutnya sambung Eko, pihaknya bersama keuchik dan koramil sepakat menfardhu kifayahkan kerangka sesuai ajaran agama islam.“ Kerangka dikembumikan langsung di lahan seputaran tempat kejadian perkara,” pungkas Kapolsek.(mag- 75/slm)