Bom Bunuh Diri Tewaskan 57 Orang, IS Targetkan Minoritas Syiah?

Ilustrasi bom meledak di Afghanistan tewaskan 57 orang (Council on Foreign Relations)

Harianrakyataceh.com – Serangan bom bunuh diri di pusat pendaftaran pemilih daerah Dashte Barchi, Kabul, Afghanistan, telah menewaskan sedikitnya 57 orang. Seperti dilansir BBC, Minggu (22/4), ledakan yang terjadi pada Minggu pagi tersebut menewaskan masyarakat yang hendak mendaftar diri ikut pemilihan umum (pemilu) legislatif yang akan berlangsung pada Oktober mendatang.

Korban tewas termasuk 21 wanita dan lima anak-anak ketika ledakan bom menghantam antrean masyarakat. Sebanyak 119 orang terluka. Dashte Barchi merupakan daerah yang sangat padat penduduk.

Kebanyakan Dashte Barchi dihuni oleh minoritas Syiah Afghanistan. Mereka menjadi target serangan kelompok Islamic State (IS).

Afghanistan diancam oleh militan Taliban dan IS

Afghanistan diancam oleh militan Taliban dan IS (Reuters)

Anak-anak sedang berdiri dengan orang tua mereka yang menunggu untuk mendaftar ketika bom meledak pada Minggu pagi. Belum ada rincian tentang bagaimana bom itu diledakkan oleh penyerang, tetapi kekuatan ledakan juga menghancurkan mobil.

“Dalam sekejap, saya menemukan diri saya berlumuran darah dengan orang mati, perempuan, dan anak-anak di sekitar saya,” ujar salah satu korban ledakan, Rasuli, 26.

Seperti dilansir AFP, setidaknya sudah terjadi empat kali serangan di pusat-pusat masyarakat berkumpul. Ini terjadi sejak pendaftaran pemilih berlangsung seminggu lalu.

Pemilihan legislatif akhir tahun ini akan diikuti oleh pemilihan presiden pada 2019. Penelitian BBC awal tahun ini menemukan, Pemerintah Afghanistan memiliki kontrol penuh hanya 30 persen negara dengan sisa negara di bawah ancaman signifikan dari Taliban dan IS.

Menteri Dalam Negeri Afghanistan mengatakan kepada BBC awal tahun bahwa IS dan Taliban menargetkan warga sipil untuk memprovokasi orang-orang membenci pemerintah dan menciptakan kekacauan. Serangan hari Minggu di Kabul menjadi salah satu serangan paling mematikan.

(ina/ce1/JPC)