Persiraja Amankan Tiga Poin Kandang

Harianrakyataceh.com – Persiraja Banda Aceh berhasil mengamankan 3 poin pertamanya, setelah berhasil mengalahkan PSIR Rembang dengan skor 2-0. Persiraja mampu memenuhi ekspektasi publik, dengan tampil gemilang di laga kandang keduanya, Stadion H Dimurthala, Banda Aceh, Jum’at malam (4/5).
Sejak awal babak pertama kedua tim bermain dalam tempo sedang, baik Persiraja maupun PSIR Rembang masih saling melihat celah. Pada menit ke 8 Persiraja mendapatkan peluang pertama melalui sontekan pemain bernomor punggung 10, Fiwi Dwipan.
Di menit ke 14, sebuah peluang emas nyaris berbuah gol. Berawal dari kreasi Hapidin, terjadi kemelut di depan gawang PSIR Rembang, bola yang melambung di udara ditanduk Fiwi. Sayang, tandukannya sedikit melebar pada mistar gawang sebelah kiri atas PSIR Rembang, yang dikawal Yogi Eko Prabowo.
Upaya anak-anak Persiraja akhirnya berbuah hasil, gol pertama Laskar Rencong dicetak oleh Hadipin. Gol pertama ini terbilang cantik, betapa tidak, Hapidin menjebloskan gawang PSIR Rembang lewat sepak pojok langsung kedudukan menjadi 1-0 pada menit ke-38.
Tidak berselang lama, lagi-lagi Hadipin menambah pundi golnya. Gol kedua Persiraja lahir lewat tendangan bebas di penghujung babak pertama menit 45+1.
Pada babak kedua, Persiraja tidak mengendorkan serangannya. Skema bola-bola pendek mampu diperagakan dengan baik. Di menit ke 68 Persiraja kembali memperoleh peluang emas, crossing mendatar Fani Aulia disambar keras Hapidin. Hanya saja, sigapnya penjaga gawang PSIR Rembang belum mampu menambah gol untuk kubu Persiraja.
Anak-anak dari Rembang yang terus ditekan Laskar Rencong masih tetap tidak mampu keluar dari tekanan. Alhasil, di menit ke 77 lagi-lagi Persiraja mendapatkan peluang mutiara, lewat skema satu dua, Defri Riski berhasil meliuk-liuk di area penalti lawan. Hanya saja, keseimbangan yang goyah menyebabkan tendangannya menyamping di sisi kanan bawah gawang.
Sebaliknya, para punggawa PSIR Rembang yang menerapkan permainan terbuka di babak kedua beberapa kali mampu merepotkan barisan pertahanan Persiraja yang dikawal Luis. Di menit ke 83, tusukan lewat sayap kanannya yang dikonvensikan umpang silang lewat kaki Adit berhasil ditanduk oleh Koko, sayangnya melambung tipis di atas gawang yang dikawal Rahmanuddin. Hingga peluit akhir ditiupkan, kedua tim tidak berhasil menambah gol.
Pelatih PSIR Rembang, Heri Kurniawan dalam konferensi pers usai pertandingan mengatakan bahwa anak-anak sudah melakukan yang terbaik.
“Dari segi taktik cukup berhasil, kami kebobolan lewat bola mati. Di babak kedua kami mengubah pola dengan menyerang, hanya saja tidak berhasil berbuat gol,” ungkapnya.
Di lain pihak, pelatih Persiraja, Akhyar Ilyas bersyukur atas keberhasilan anak asuhnya yang berhasil mengamankan 3 poin penuh, “Saya bersyukur atas kemenangan ini. Kendatipun tidak mudah. Menginggat, PSIR Rembang bermain menunggu, bertahan rapat. Ditambah lagi pemain kami (Persiraja) kurang sabar,” ujarnya.
Ini merupakan kemenangan pertama untuk Persiraja, setelah dua laga sebelumnya memperoleh hasil sekali seri dan sekali kalah. Untuk laga selanjutnya, Persiraja akan menghadapi lawan tangguh Persis Solo, 11 Mei 2018. (mag-81/rif)
Susunan Pemain:
Persiraja Banda Aceh: Rahmadnuddin, Luis Irsandi, Rafsanjani, Saddam Hi Tenang, Agus Suhendra, Viktor Pae (Faumi Syahreza -72), Defri Rizki (Fani Aulia -68), Mukhlis Nakata (C), Vivi Asrizal, Fiwi Dwipan, Hapidin (Musawir -83).
PSIR Rembang: Yogi Eko Prabowo (Nanang Hermawan -54), Abdul Muis, Andrdiantono Oriza Eka Putra, Heru Wibowo (C), Said Mardjan, Adit Sadikhul Wafa, Yoni Ustaf Bukori, Zaenal Arifin (Efendi -67),  Kobo Hartanto, Muslimin (Rudi Setiawan -56), Rudi Santoso.