Polda Aceh Peringati Harkitnas

Kapolda Aceh, Irjen Pol Drs Rio S Djambak, menjadi Irup Harkitnas, di halaman Mapolda Aceh, Senin (21/5)

BANDA ACEH (RA) – Polda Aceh memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 110 dalam upacara yang dipimpin langsung Kapolda Aceh, Irjen Pol Drs Rio S Djambak, di halaman Mapolda Aceh, Senin (21/5).

Upacara tersebut dihadiri Wakapolda, Irwasda, para pejabat utama, para personil Polri dan PNS Polda Aceh lainnya.

Kapolda dalam upacara itu membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara, mengatakan, ketika rakyat berinisiatif untuk berjuang demi meraih kemerdekaan dengan membentuk berbagai perkumpulan, lebih dari seabad lalu, kita nyaris tak punya apa-apa.

“Kita hanya memilki semangat dalam jiwa dan kesiapan mempertaruhkan nyawa. Namun sejarah kemudian membuktikan semangat dan komitmen itu saja telah cukup, asalkan kita bersatu dalam cita-cita yang sama kemerdekaan bangsa,” kata Kapolda.

Bersatu, adalah kata kunci ketika kita ingin menggapai cita-cita yang sangat mulia, namun pada saat yang sama tantangan yang maha kuat menghadang di depan. Boedi Oetomo memberi contoh bagaimana dengan berkumpul dan berorganisasi tanpa melihat asal-muasal primordial akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme.

Kata Kapolda, kalau sekarang bangsa ini punya hampir segala yang dibutuhkan, seharusnya kita terinspirasi dengan kondisi embrio bangsa seabad lalu yang berada dalam rundungan kepapaan pun, kita telah mampu menghasilkan energi yang dasyat untuk membawa kepada kejayaan. (rel/bai)