Marcella Zalianty: Keumalahayati Simbol Perempuan Menentukan Nasib

Peluncuran komik Keumalahayati: Laksamana Perempuan Pertama di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (21/5). (Dedi Yondra/JawaPos.com)

JAKARTA (RA) – Aktris Marcella Zalianty ternyata sangat mengidolakan sosok Keumalahayati yang dikenal sebagai Laksamana Perempuan Pertama. Banyak contoh yang menurutnya bisa ditiru dari perempuan heroik dalam sejarah armada laut nusantara paling berpengaruh di politik militer kerajaan Aceh Darussalam pada abad ke-16 itu.

“Buat saya Keumalahayati luar biasa, lebih dari pahlawan. Dia laksamana pertama di Indonesia dan dunia, tokoh yang luar biasa,” kata Marcella Zalianty di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (21/5).

“Kita punya tokoh pahlawan yang dijadikan simbol kekuatan. Keumalahayati simbol perempuan yang tidak hanya menunggu nasibnya, tapi menentukan dan mengejar nasibnya,” imbuhnya.

Karena sangat mengidolakan, aktris 38 tahun itu ingin mengenalkan kembali sosok Keumalahayati di zaman sekarang. Niat itu disalurkannya lewat medium komik. Dia meluncurkan komik bertajuk Keumalahayati: Laksamana Perempuan Pertama.

Menurut istri Ananda Mikola ini komik adalah salah satu media yang bisa menjangkau semua kalangan, khususnya anak zaman sekarang. Dengan adanya cara seperti ini, Marcella berharap banyak nilai yang bisa diambil anak muda dari sepak terjang figur Keumalahayati.

Tidak mudah bagi Marcella Zalianty menyelesaikan komik pertamanya ini. Demi kisah Keumalahayati, dia sebagai produser rela melakukan riset mendalam bersama tim. Dirinya datang ke Aceh Turki, Portugal, sampai ke Lombok, lokasi di mana ahli waris Keumalahayati kini bermukim.

Sementara dalam proses produksi komik Marcella dibantu beberapa rekan. Mereka adalah Edna Caroline sebagai penulis naskah, Habibie Yukezein sebagai riset, Ardian Syaf untuk gambar, dan Aris Naka Abee dalam urusan warna dan teks.

Komik pertama Marcella Zalianty; Keumalahayati edisi perdana tersebut berisi 40 halaman dengan penuh warna.

Dalam kesempatan yang sama, Marcella Zalianty menyampaikan bahwa dia dan Keana Films juga akan mengangkat kisah Keumalahayati ke layar lebar. Saat ini proyek tersebut masih dalam tahap pembahasan. (JPC/eno)