53 Warga Israel Ditolak Masuk Indonesia

Warga Israel dilarang masuk ke Indonesia (My Jewish Learning)

Harianrakyataceh.com –┬áBaru-baru ini ramai diberitakan mengenai Israel melarang warga berpaspor Indonesia untuk mengunjungi negara tersebut. Menanggapi hal itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akhirnya angkat bicara.

Retno yang didampingi oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan, ada tiga poin yang harus digarisbawahi.

“Pertama, saya ingin memberikan penegasan kembali mengenai politik luar negeri Indonesia. Kita tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel,” kata Retno, Jumat, (1/6).

53 Warga Israel Ditolak Masuk Indonesia
Menlu Retno menegaskan Indonesia tak miliki hubungan diplomatik dengan Israel (Verryana Imel Novia/JawaPos.com)

Indonesia, ujar Retno, akan bersama dengan Palestina dalam perjuangan kemerdekaan dan hak-hak mereka. Jadi, keberpihakan politik luar negeri Indonesia sudah jelas terhadap Palestina. “Ini sudah sangat jelas.”

Selain itu, sempat beredar kabar bahwa ada pertemuan rahasia antara Indonesia dan Israel mengenai bebas visa di kedua negara. Dalam poin ketiga ia menyebutka bahwa itu tidak benar.

“Saya ingin menegaskan bahwa hal tersebut tidak benar, saya ulangi lagi hal tersebut tidak benar mengenai isu visa,” tegas Retno.

Yasonna juga menambahkan bahwa benar ada 53 orang warga Israel yang ditolak. Menurutnya, ini adalah kewenenangan masing-masing negara untuk menerima atau menolak visa.

“Jadi, mengenai WNI yang ditolak di Israel adalah hak negara manapun, dan sangat menyesal itu adalah kebijakan dari pemerintah Israel,” kata Yasonna.

Ia juga menegaskan kembali bahwa Indonesia tidak pernah melakukan pertemuan rahasia membahas visa dengan Israel. Sebab Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

(iml/JPC)