Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

INTERNASIONAL · 4 Jun 2018 08:12 WIB ·

Palestina Masih Berduka, Israel Langsung Bombardir 10 Sarang Hamas


 Net.
Perbesar

Net.

Harianrakyataceh.com – Pesawat Israel menyerang 10 sasaran militan Hamas di Gaza sebagai balasan terhadap tembakan Palestina yang sempat menghancurkan gencatan senjata keduanya. Seperti dilansir AFP pada Minggu (3/6), ketegangan tersebut terjadi beberapa jam setelah ribuan warga Palestina menghadiri pemakaman seorang relawan perempuan Razan Al Najjar, 21, yang dibunuh oleh penembak Israel dalam kekerasan di perbatasan di Gaza selatan.

“Jet tempur Israel menargetkan 10 lokasi milik organisasi Hamas di Jalur Gaza,” kata militer Israel dalam sebuah pernyataan Minggu pagi.

Serangan itu adalah serangan balasan atas peluncuran roket yang ditembakkan ke kota-kota di Israel oleh Hamas selama akhir pekan. Militer Israel mencatat, terdapat serangkaian upaya serangan terhadap tentara Israel di pagar perbatasan. Sejauh ini belum ada laporan tentang adanya korban dari serangan balasan.

Palestina Masih Berduka, Israel Langsung Bombardir 10 Sarang Hamas
AS pindahkan kedutaannya ke Yerusalem (Infografis: Kokoh Praba Wardani/JawaPos.com)

Para pelayat menuntut balas dendam atas pembunuhan perawat cantik tersebut. Al Najjar merupakan seorang sukarelawan dari Kementerian Kesehatan Gaza. Ia ditembak mati tepat di dadanya pada Jumat.

Ambulans dan kru medis menghadiri pemakamannya. Ayah Al Najjar memegang baju medis putih bernoda darah yang dikenakan Najjar ketika dia ditembak, sementara pelayat marah dan sedih meminta balas dendam dilakukan.

Warga Gaza sejak 30 Maret melakukan protes perbatasan yang menuntut kembalinya tanah Palestina yang diduduki Israel ke tangan mereka. Warga Palestina diusir selama perang tahun 1948 untuk mendirikan negara Yahudi Israel.

Unjuk rasa di perbatasan Israel-Palestina disertai dengan bentrokan kecil ketika pemuda melemparkan batu ke tentara Israel dan berusaha menembus pagar perbatasan. Kadang-kadang mereka juga meletakkan perangkat peledak di pagar atau melemparkan granat.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Palestina Ashraf Al Qudra mengatakan, setelah pemakaman Al Najjar, beberapa warga Gaza terluka dalam bentrokan di timur Khan Yunis. Militer Israel mengatakan, sel teroris telah menyusup dari Gaza Selatan. Tentara Israel lalu menembak orang-orang Palestina.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan, serangan militer Israel telah memberikan pukulan paling keras selama beberapa tahun pada militan Gaza.

Kelompok-kelompok Islamis Palestina di Gaza, termasuk penguasa Jalur Gaza, Hamas mengatakan, kesepakatan gencatan senjata tercapai setelah serangan itu, meskipun tidak ada konfirmasi dari Israel.

Menanggapi kematian Najjar, Utusan PBB untuk Timur Tengah Nickolay Mladenov melalui Twitter mengatakan, “Tenaga medis bukanlah target, #NotATarget! Israel perlu mengalibrasikan penggunaan kekuatannya dan Hamas perlu mencegah insiden di perbatasan.”

Unjuk rasa dan kekerasan memuncak di perbatasan Israel-Palestina pada tanggal 14 Mei ketika setidaknya 61 orang Palestina tewas dalam bentrokan ketika puluhan ribu warga Gaza memprotes pemindahan Kedutaan AS di Tel Aviv ke Kota Suci Yerusalem.

(ina/ce1/JPC)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

DK PBB Akhirnya Sepakati Resolusi Gencatan Senjata di Gaza

27 March 2024 - 13:58 WIB

Resolusi Gencatan Senjata di Gaza Akhirnya Disahkan oleh Dewan Keamanan PBB, AS Pilih Abstain

26 March 2024 - 14:13 WIB

Biadab! Tak Kapok Dikecam, Israel Kini Lancarkan Operasi Militer Baru di Khan Younis, Gaza selatan

25 March 2024 - 14:21 WIB

Pj Gubernur Bustami Minta Panita Besar Wilayah Aceh Pacu Persiapan PON

16 March 2024 - 16:48 WIB

20 Warga Palestina Tewas, 155 Luka-luka Akibat Ditembaki Tentara Israel saat Menunggu Bantuan di Jalur Gaza

15 March 2024 - 14:42 WIB

520.000 Warga Zionis Israel Tercatat Menderita Gangguan Mental Sejak 7 Oktober

14 March 2024 - 14:13 WIB

Trending di INTERNASIONAL