BI Aceh Serahkan Beasiswa Kepada 150 Mahasiswa

BEASISWA : KPw BI Provinsi Aceh, Zainal Arifin Lubis secara simbolis menyerahkan beasiswa kepada mahasiwa yang diterima Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal, di Kantor BI Aceh, Banda Aceh, Rabu (7/6). (al amin/rakyat aceh)

 

BANDA ACEH (RA) – Sebanyak 150 orang mahasiswa dari tiga universitas negeri di Aceh memperoleh beasiswa dari Kantor Bank Indonesia Perwakilan Aceh sebesar Rp 12 juta per tahun.

Penyerahan beasiswa program sosial Bank Indonesia (BI) itu diserahkan KPw BI Provinsi Aceh Zainal Arifin Lubis dan diterima Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal, Rektor UIN Ar-Raniry Prof Farid Wajdi Ibrahim dan Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) Prof. Jasman J. Ma’ruf, SE, MBA, Ph.D, di Kantor BI Aceh, Banda Aceh, Kamis (7/6)

Zainal Arifin Lubis mengatakan, pemberian beasiswa kepada mahasiswa kurang mampu yang berprestasi telah 8 tahun dilaksanakan pihaknya. Dua tahun belakangan penerimanya bertambah dengan masuknya Universitas Teuku Umar sebagai penerima.

“Kepada tiap mahasiswa diberikan Rp 12 juta atau satu juta per bulan yang diberikan setiap enam bulan. Kami berharap penerima beasiswa akan terus bertambah. Bukan saja jumlahnya mahasiswanya, tapi juga nominal rupiah yang diberikan,” kata Z Arifin Lubis.

Disebutkan, pemberian beasiswa ini merupakan bentuk dari pelaksanaan program social BI kepada stakeholder atau masyarakat di bidang pendidikan. “Beasiswa ini perwujudan komitmen BI berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” tukasnya lagi.

Disampaikan Z Arifin Lubis, para penerima beasiswa ini sebelumnya menjalani seleksi dari kampus masing yang kemudian hasilnya diserahkan ke BI Aceh. Para nominator penerima ini selanjutnya menjalani seleksi lagi oleh pihak BI Aceh.

“Selain mereka punya IP yang telah ditetapkan, juga mereka ini memang anak-anak yang membutuhkan atau berada di garis kemiskinan. Namun bukan itu saja, yang lebih utama adalah masalah karakter. Bila dua sebelumnya dia lulus, tapi karakternya kurang jelas dia kami coret. Karakter disini, jiwa sosialnya, kepedulian, tingkah lakunya. Karena itu kami berharap mereka yang telah terpilih ini benar-benar nantinya bisa menjadi selain membantu dirinya di pendidikan, tapi juga motivator bagi kawan-kawan mereka yang lainnya,” terangnya lagi.

Untuk selanjutnya, katanya lagi, para mahasiswa penerima beasiswa akan diajak untuk bergabung dengan komunitas penerima beasiswa BI yang dinamakan Generasi Baru Indonesia (GenBI) Aceh.

“Komunitas ini diharapkan menjadi wadah bagi para mahasiswa meningkatkann kepekaan social serta menumbuhkan semangat dan jiwa pengabdian terhadap masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal menyambut baik apresiasi dari BI Pw Provinsi Aceh memberikan beasiswa kepada mahasiswa mereka. Beasiswa jelas sangat menolong mahasiswa terutama mereka yang kurang berkemampuan.

“Kami di Unsyiah jelas terbantu dengan program sosial BI ini. Jelas sangat menolong para mahasiswa. Aceh 17 persen penduduknya berada di garis kemiskinan. Bisa jadi di tiap universitas ada mahasiswa yang miskin, dengan adanya program ini jelas sangat menolong,” ujarnya lagi. (min)