Logistik Pilkada Diedarkan Serentak

LOGISTIK PILKADA: Petugas KIP Aceh Singkil menyusun logistik persiapan Pilkada, Ahad (24/6). KAYA AMIL/RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Dua hari lagi Pilkada serentak digelar di Pidie Jaya, Kota Subulussalam dan Aceh Selatan. Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat klaim telah mempersiapkannya dengan matang.

Masykur, Kasi Perencanaan dan Keuangan Sekretariat KIP Pidie Jaya mengatakan, seluruh logistik untuk hari pemilihan telah tiba akhir Mei lalu. Setelah logistik diterima KIP awal Juni lalu, kertas suara yang berjumlah sesuai DPT sebanyak 107.070 pemilih.

Jumlah tersebut ditambah dengan surat suara cadang sebanyak 2,5 persen dari jumlah DPT. Dikatakan, pendistribusian kertas suara dan logistik hari pemungutan dan perhitungan suara akan dilakukan sehari jelang hari pemilihan, Selasa (26/6).

Sementara pendistribusian ke 270 TPS dilakukan pada hari pencoblosan, Rabu (27/6). Sedangkan undang untuk memilih sudah mulai diedarkan anggota PPS ke rumah-rumah masyarakat.

“Seluruh logistik, kemarin sudah dilakukan pengepakan oleh PPK yang turut diawasi oleh Panwaslih dan aparat kepolisian. Pengepakan logistik dilakukan sesuai dengan jumlah pemilih di setiap TPS dalam masing-masing kecamatan,” ujar Masykur, Minggu (24/6).

Dijelaskan, walaupun KIP Pidie Jaya yang saat ini kekosongan komisioner. Namun, tidak ada kendala dalam melaksanakan kerja-kerja mensuksekan pemilihan kepala daerah Pidie Jaya untuk periode lima tahun mendatang, seluruh pegawai di Sekretariat KIP telah bekerja dengan maksimal dan penuh tanggung jawab.

“Jika dalam melaksanakan seluruh persiapan Pilkada kita di sekretariat, langsung berkoordinasi dengan KPU RI. sampai saat ini, Alhamdulillah tidak ada kendala dalam mempersiapkan seluruh kebutuhan Pilkada,” terangnya.

Simulasi Pencoblosan

KIP Subulussalam juga melaporkan hal serupa. Hingga tiga hari jelang pencoblosan, seluruh persiapan telah rampung. Sisanya hanya pendistribusian surat suara, rencananya disalurkan ke masing-masing ke KPPS, Selasa (26/6).

Komisioner KIP divisi Logistik, Shofyodin M menjelaskan, penyortiran surat suara sudah siap dilakukan. Pihaknya menemukan ada 91 surat suara rusak.

Surat suara yang rusak tersebut sudah dilakukan pemusnahan dengan dibakar yang disaksikan Ketua KIP, Ketua Panwaslih dan dari Polres Aceh Singkil yang di wakili Kasat Intel, Sabtu (23/6).

Dihari yang sama juga KIP melakukan simulasi pencoblosan di masing-masing kecamatan yang ada di Kota Subulussalam. Simulasi pencoblosan itu diikuti semua KPPS.
“Kemarin (Sabtu) kita melakukan simulasi pencoblosan di masing-masing kecamatan kepada KPPS secara serentak. Simulasinya berjalan sukses,” kata Shofyodin, Minggu (24/6).

Ia menambahkan, salah satu hal yang menjadi fokus perhatian adalah pendistribusian surat suara yang akan digunakan saat pencoblosan. Pihaknya akan mendistribusikan logistik sehari sebelum pencoblosan.

“Saat ini persiapan sudah siap, tinggal mendistribusikan logistik ke KPPS. Yang jelas satu hari sebelum pencoblosan semuanya sudah diterima KPPS ” ujar Shofyodin.

Untuk pendistribusian logistik akan mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian sampai ke tangan KPPS. Shofyodin mengaku pihaknya telah menyurati Kapolres Aceh Singkil untuk pengamanan pendistribusian logistik pada hari Selasa nanti.

“Kami sudah layangkan surat ke Kaporles untuk meminta pengawalan pendistribusian logistik ke KPPS. Selasa pagi kita semua sudah gerak ke masing-masing kecamatan, “tambahnya.

95 Persen Logistik Aceh Selatan Rampung

KIP Aceh Selatan juga akan mendistribusikan logistik pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Senin (25/5).

Devisi Logistik Komisioner KIP Aceh Selatan, Saiful Bismi mengatakan persiapan logistik keperluan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan tahun 2018 sudah rampung 95 persen.

“Hari ini kita melakukan pengepakan kebutuhan untuk PPK seperti sampul dan formulir,” katanya.

Senada dengan itu Syamsuardi, Devisi Sosialisi dan SDM KIP Aceh Selatan mengatakan jumlah Data Pemilih Tetap (DPT) pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan yang dikelurakan KIP dua bulan yang lalu sekitar 150.908.

Data itu sekitar 3 ribu lebih pemilih yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya terkendala tidak memiliki E KTP. Namun pihaknya sudah sosialisakan kepada masyarakat untuk membuat E KTP.

“Alhamdulillah sejak beberapa hari terakhir pemilih yang belum terdaftar di DPT dan yang belum memiliki E KTP mulai berdatangan ke Kantor Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Selatan untuk membuat E KTP.

“Kita pastikan 3 ribu pemilih yang belum terdaftar di DPT dapat memberikan hak pilihnya, karena hasil koordinasi kita bersama pihak Disdukcapil blangko yang disediakan 3 ribu lebih baru – baru ini sudah habis, bagi masyarakat belum siap E KTPnya bisa mengambil surat keterangan dari Disdukcapil,” ujaranya.

Sambungnya, sampai saat ini pihak KIP Aceh Selatan belum memiliki kendala. Surat panggilan memilih C6 KWK juga sudah distribusikan ke PPK untuk disalurkan ke PPS. (mag-78/lim/mag-79/mai)