Menlu Indonesia dan Jepang Dukung Pembangunan Ekonomi Palestina

Palestina (Jerusalem Post)

Harianrakyataceh.com – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono dalam pertemuan ‘The 6th Strategic Dialogue Indonesia-Jepang.’ Dalam pertemuan ini, keduanya bukan hanya membahas isu bilateral, melainkan isu-isu regional dan global yang menjadi perhatian kedua negara.

Pertemuan ini bertepatan dengan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang. Seperti diketahui, Jepang merupakan mitra kerja sama strategis bagi Indonesia oleh karena itu keduanya sepakat meningkatkan kerja sama di bidang investasi, khususnya infrastruktur.

Indonesia, sesuai kesepakatan kedua menlu, kemungkinan akan menjadi basis produksi bagi produk manufaktur Jepang. Ini ditujukan untuk pasar ketiga, termasuk pasar di negara-negara ASEAN.

Dalam kerja sama perubahan iklim, keduanya sepakat pada kerja sama Joint Crediting Mechanism (JCM). Selain itu, keduanya mendorong kerja sama Selatan-Selatan dan triangular untuk dukungan pembangunan ekonomi di Palestina maupun Afrika.

Pada konflik Semenanjung Korea, keduanya menyambut positif peningkatan hubungan baik yang sedang berlangsung. Perkembangan ini, diharapkan dapat membawa perdamaian dan stabilitas kawasan.

Jepang merupakan investor terbesar ke-2 di Indonesia dengan nilai investasi USD 5 miliar pada 2017. Perdagangan kedua negara meningkat sebesar 13,54 persen dari 2016 yaitu mencapai USD 33,03 miliar.

(iml/JPC)