KIP Nagan Raya Buka Pendaftaran

SUKA MAKMUE (RA) – Komisi Independen Pemilihan Kabupaten Nagan Raya secara resmi membuka pengumuman tentang pengajuan bakal calon (balon) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Nagan Raya dalam pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019.

 

 

Ketua KIP Nagan Raya, Muhammad Yasin mengatakan, pengajuan Balon anggota DPRK dilaksanakan selama 14 hari dengan yaitu, sejak 4-17 Juli 2018.

 

Kata Muhammad Yasin, pada hari pertama hinga ke 13, KIP Nagan Raya pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan hari terakhir dilakukan pada pukul 08.00-24.00 WIB. “Bagi yang mau mengajukan dengan alamat Kantor KIP Nagan Raya Jl. Nuruddin Ar-Raniry No. 03 Komplek Perkantoran Suka Makmue,” kata Ketua KIP Nagan Raya Muhammad Yasin, Minggu (1/7).

 

 

Lanjutnya, ketentuan pengajuan bakal calon, kata Muhammad Yasin, pengajuan bakal calon oleh Partai Politik hanya dilakukan 1 kali pada masa pengajuan.
Partai politik wajib memasukkan data pengajuan bakal calon dan data bakal calon serta mengunggah dokumen persyaratan pengajuan bakal calon dan dokumen bakal calon ke dalam Sistem Informasi Pencalonan (SILON).

 

 

Dalam pengajuan itu duajukan oleh Pimpinan Partai Politik dari kepengurusan yang sah sesuai tingkatannya. “Jumlah bakal calon paling banyak 100 persen dari jumlah kursi yang ditetapkan pada setiap dapil masing-masing,” kata Muhammad Yasin.
Selanjutnya disusun dalam daftar bakal calon yang wajib memuat keterwakilan perempuan paling sedikit 30 persen di setiap dapil.

 

Pengajuan balon anggota DPRK tersebut berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 serta Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

 

Ketua KIP Nagan Raya Muhammad Yasin mengatakan, Kabupaten Nagan Raya dengan jumlag 3 dapil, yaitu dapil 1 Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Beutong, Seunagan Timur, Seunagan dan Kecamatan Suka Makmue.

 

“Daerah dapil 1 ada lima kecamatan yang berjumlah 116 gampong dengan jumlah kursi delapan,” kata Ketua KIP.

 

Kemudian dapil 2 Kecamatan Darul Makmur dan Kecamatan Tripa Makmur berjumlah 51 gampong dengan jumlah kursi sembilan. Sedangkan dapil 3, Kecamatan Kuala, Tadu Raya dan Kecamatan Kuala Pesisir berjumlah 55 gampong dengan jumlah kursi delapan.
“Anggota DPRK Nagan Raya dari semua dapil sebanyak 25 orang,” kata Ketua KIP Nagan Raya Muhammad Yasin. (ibr/bai)