KPK Berpotensi Tambah Saksi

Gubernur Aceh (tengah baju putih), saat tiba di kantor KPK, Rabu (4/7) (Issak Ramadhan/JawaPos.com)

BANDA ACEH (RA) – KPK melakukan upaya cegah tangkal (cekal) terhadap empat orang yang diduga ikut terlibat dalam kasus suap yang melibatkan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, untuk memudahkan informasi ketika pemeriksaan.

Menurut Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Aceh, Riza Nizarli, SH, MH mengatakan, pencekalan kepada seseorang itu dilakukan berdasarkan dengan bukti-bukti, sehingga seseorang yang diduga terlibat dalam tindak pidana korupsi tidak bisa keluar negeri.

“Pencekalan itu harus berdasarkan bukti-bukti,” ujar Riza Nizarli, Minggu (8/7).
Dalam kasus Irwandi Yusuf, katanya, dengan pencekalan bisa saja mereka menjadi saksi dan bahkan bisa tersangka dengan didukung bukti-bukti yang kuat oleh KPK.

“Dengan pencekalan ini mereka berpotensi jadi saksi atau menjadi tersangka dengan bukti-bukti yang kuat,” jelasnya.

Biasanya, mereka yang dicekal juga dalam pengawasan penyidik. Sebab KPK bekerjasama dengan pihak imigrasi di Airport. Sehingga, orang yang masuk dalam daftar cekal KPK tidak bisa lari ke luar negeri.

Ia juga menyebutkan pengeledahan yang dilakukan KPK hal yang lumrah untuk mencari barang bukti di rumah tersangka.

“Kalau ada kaitan dengan kasus yang ditangani bisa saja digeledah dan disegel. Hal ini untuk menguatkan kerja penyidik dalam mengungkapkan barang bukti. Untuk mencari barang bukti penggeledahan ini lazim dilakukan,” pungkasnya.

Kontruksi Perkara
Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh mensinyalir keempat orang dekat Irwandi Yusuf yang dicekal KPK, punya hubungan dengan konstruksi perkara.

Koordinator GeRAK, Askhalani, mengatakan, empat orang yang dicekal oleh KPK yang sudah diserahkan ke imigrasi untuk mengembangkan informasi dari pihak-pihak yang terlibat.

“Ada kemungkinan dari pengakuan mereka yang dicekal ini ada kemungkinan bertambah pelaku dalam tindak pidana,” ungkapnya.

Askhalani menyampaikan, mereka yang dicekal tersebut status sebagai saksi. Namun bila KPK membutuhkan minimal dua alat bukti, maka bisa saja statusnya ditingkatkan dari saksi menjadi tersangka.

“Pencekalan ini hanya untuk diminta keterangan sebagai saksi,” jelasnya.
Askhalani juga menambahkan, pencekalan ini akan berlangsung selama 6 bulan sejak di keluarkan surat permohonan.

Begitu pun, bila mereka yang dicekal untuk meminta keterangan dari kasus dugaan korupsi yang melibatkan Irwandi Yusuf, maka mereka dibebaskan dan tidak ditahan.

Steffy Istirahat
Terkait pencekalan, hingga berita ini diturunkan, Fenny Steffy Burase tidak dapat dihubungi walau telpon genggamnya aktif.
“Ini saya adiknya sebenarnya. Kak Steffey sedang istirahat sedang tidur. Hubunginya sebentar lagi saja ya!” (adi/mai)