Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 30 Jul 2018 07:10 WIB ·

457 Atlet Aceh Besar Uji Kekuatan Fisik


 TES: Sejumlah altet Pora Aceh Besar menjalani tes sebagai persiapan pada saat bertanding.
Foto Rakyat Aceh Perbesar

TES: Sejumlah altet Pora Aceh Besar menjalani tes sebagai persiapan pada saat bertanding. Foto Rakyat Aceh

BANDA ACEH (RA) – Untuk meraih suksesnya prestasi pada pelaksanaan Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIII 2018, sebanyak 457 atlet binaan melakukan uji kekuatan fisik di Stadion Mini Unsyiah, Darussalam.

Ketua tim tes fisik, Dr Mansyur MKes, di sela-sela pelaksanaan tes tersebut, menjelaskan tes kondisi fisik ini dilakukan untuk melihat sejauh mana ketahanan fisik para atlet yang akan berlaga dalam pesta olahraga empat tahunan yang akan berlangsung 18 hingga 25 November 2018 di Kota Jantho, Aceh Besar.

“Atlet yang mengikuti tes berasal dari 29 cabang olahraga (Cabor) yang akan diikuti Aceh Besar pada PORA XIII,” tuturnya.

Disebutkannya ada beberapa aspek yang di uji dalam tes fisik dan itu sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing cabor, namun yang dalam utama yaitu uji daya tahan jantung dan paru.

“Untuk daya tahan jantung dan paru juga ada bagiannya, untuk cabor menembak, angkat besi, catur itu hanya dites dengan jangka waktu tiga menit. Sementara cabor yang lain dites selama 15 menit untuk kebutuhan bertahan yang lama,” ujar Dr Mansyur.

Selain itu, ada juga tes kekuatan otot sesuai dengan struktur otot peruntukan di masing-masing cabor, dan para atlet juga harus melewati tes lainnya meliputi lari, push-up, shit-up, back-up, kelenturan tubuh.

“Tes fisik lainnya seperti kekuatan, daya tahan, kecepatan, daya ledak, kelincahan sebagai komponen terpenting dalam olahraga,” kata Dr Mansyur.

Ia menambahkan, hasil dari penjaringan yang dilakukan, pihaknya akan menjadi sistem degradasi bagi panitia untuk menjaring atlet-atlet yang potensial untuk menghadapi PORA pada bulan November mendatang.

Menurut informasi yang diperoleh dirinya bahwa hasil tes hari dari 457 atlet akan dikurangi sekitar 10 persen. “Tes ini mungkin salah satu dari sekian indikator yang menjadi acuan untuk pengurangan bagi atlet yang tidak potensial, dan ada beberapa yang tidak datang tes bisa disusul ulang,” ujarnya.

Sementara itu, Sekum PP PORA XIII 2018, T Dahsya K Putra, mengatakan tes fisik para atlet yang di lakukan merupakan tes lanjutan, dengan tujuan untuk melihat sejauh mana hasil pembinaan yang telah dilakukan oleh pelatih setelah tes fisik sebelumnya.

“Ini bukan tes terakhir dan kami akan mengkaji dan mengevaluasi program-program pelatihan yang diberikan oleh pelatih selama ini. Kita harap hasil ini menjadi acuan tim Pelatda nantinya,” ujarnya. (ril/bai)

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Pj Bupati Aceh Besar Bekali Mahasiswa KKN USK

22 June 2024 - 17:53 WIB

Pemko Banda Aceh akan Intensifkan Penertiban Gepeng

22 June 2024 - 14:22 WIB

Memperingati HANI 26 Juni 2024, Kepala.BNNP Aceh Ajak Pasang Papan Bunga di Tempat Umum

22 June 2024 - 10:34 WIB

MIN 36 Aceh Besar Juara 2 Nasional Kantin Sehat

21 June 2024 - 17:32 WIB

Kadisdik Aceh Kunjungi ARC USK Bahas Kerjasama Pembinaan Siswa SMK dan SMA

21 June 2024 - 16:49 WIB

Kasdim 0101 Kota Banda Aceh Ikuti Technical Meeting Lomba Kampung Pancasila

21 June 2024 - 15:27 WIB

Trending di METROPOLIS