Bireuen Dr H Muzakkar Buka Muzakarah Ulama

MUZAKARAH ULAMA : Wakil Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani, SH.,MSi (duduk ditengah depan-red) hadir membuka Muzakarah Ulama digelar MPU setempat, Rabu (8/8) pagi. RAHMAT HIDAYAT/RAKYAT ACEH

BIREUEN (RA) – Wakil Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani,SH.,MSi membuka Muzakarah Ulama, yang diselenggarakan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) kabupaten setempat, Rabu (8/8) pagi di Aula Hotel Fajar, Kota Bireuen.

Wabup dalam amanatnya mengatakan, sangat bahagia kegiatan ini dapat terlaksana dengan harapan apa saja yang dihasilkan dalam muzakar dapat menjadi pedoman bagi masyarakat Kabupaten Bireuen.

Dalam melaksanakan syariat islam dalam kehidupan sehari-hari demi terwujudnya Kabupaten Bireuen yang bermartabat menuju daerah yang baldatun thaibatun wa rabbul ghafur.

Diantaranya juga bahwa juga MPU Bireuen mengelar Muzakarah Ulama untuk mengkaji secara mendalam tentang “itikad Ahlussunnah Wal Jama’ah, dengan tujuan merumuskan sebuah formula dapat disosialisasikan bagi masyarakat.

“Kita berharap melalui muzakarah ini, segala permasalahan tersebut dapat terjawab dan dapat kita sosialisasikan bagi masyarakat dalam Kabupaten, agar senantiasa menjalankan syariat sesuai ketentuan sunnah Nabi Muhammad SAW,” sebut Wabup.

Sebelumnya Ketua Panitia juga selaku kepala sekretariat MPU Bireuen Drs Wardi Usman, MM dalam acara dihadiri Ketua MPU Tgk Nazaruddin, para tokoh agama, nara sumber dan Pasi Pers Kodim Kapten Inf Ikhwan juga Iptu Mukhtar mewakili Dandim dan Kapolres, mengatakan.

Tujuan dilaksanakannya muzakar adalah untuk merumuskan sebuah acuan yang dapat menjadi pedoman bagi masyarakat tentang hakikat i’tikad ahlussunnah wal jama’ah dan kegiatan dalam bentuk seminar sehari dengan menghidupkan diskusi interaktif antara nara sumber dan peserta.

Sedangkan hasil yang diharapkan adanya keseragaman pemahaman ulama Bireuen tentang itikad ahlussunnah wal jama’ah dan ada rekomendasi dan solusi tepat bagi Pemda dalam rangka menjaga dan membina pelaksanaan syariat islam dalam masyarakat.

Khususnya dalam hal pengamalan itikad ahlussunnah wal jama’ah. Terciptanya kerjasama yang lebih baik antara lembaga MPU Bireuen dengan mitra kerja Pemda dalam rangka mendukung pelaksanaan syariat isIam secara kaffah, khususnya di Bireuen.

Kata Wardi Usman lagi untuk pesertanya seluruh anggota MPU, tokoh masyarakat, unsur pemerintah, organisasi masyarakat dalam Kabupaten Bireuen. Nara sumber Tgk H Muhammad Amin Mahmud, Tgk H Hasanoel Basri H Gadeng, dan Tgk H Nuruzzahri serta Tgk H Mustafa Ahmad. (rah/min)