Kabid SMK Buka Seleksi GLS

SELEKSI: Sebanyak 207 siswa dari SMK seluruh Aceh mengikuti seleksi giat prestasi pramuka-gebyar literasi siswa, yang diadakan selama lima hari di Banda Aceh, Sabtu (11/8) malam. Baihaqi

BANDA ACEH (RA) – Kepala Bidang Pembinaan SMK, Teuku Miftahuddin, membuka kegiatan seleksi giat prestasi pramuka-gebyar literasi siswa (GLS) SMK yang diikuti sebanyak 207 siswa dari 23 kabupaten/kota di Aceh.

Menurutnya seleksi GLS ini diadakan sesuai Peraturan Presiden nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Melalui program Giat Prestasi Pramuka yang di dalamnya terdapat juga kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dasar hukum pelaksanaan kegiatan ini adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, dimana salah satu tujuan Permendikbud ini yaitu menjadikan pendidikan sebagai gerakan yang melibatkan pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat dan keluarga.

Menurutnya, penguatan pendidikan karakter dan GLS adalah dua kegiatan yang tidak dapat dipisahkan karena keduanya saling mengisi dan upaya ini tidak bisa hanya dilakukan di sekolah, namun keluarga dan masyarakat juga perlu aktif dan kolaboratif dengan pihak sekolah.

Kegiatan itu, dilaksanakan selama lima hari sejak tanggal 11-15 Agustus dan siswa atau kelompok yang meraih juara satu akan mewakili Aceh ke tingkat pada bulan Oktober 2018 di Jakarta.

“Ada empat bidang lomba yang dilombakan diantaranya, lomba Cerita Kearifan Vokasi Nusantara yang diikuti oleh 2 orang peserta, bidang lomba Sudut Baca Vokasi yang diikuti oleh 1 orang peserta, bidang lomba Buku Elektronik Tokoh Vokasi yang diikuti oleh 2 orang peserta dan bidang lomba Vokasi Moda Literasi Bergerak yang diikuti oleh 1 orang peserta,” sebut Zulkarnaini, Sabtu (11/8) malam. (bai)