Niva Adillah, Secantik ke Jepang

Niva Adillah

Niva Adillah, Secantik ke Jepang

REZEKI yang tidak diduga, Niva Adillah, pelajar SMAN 1 Banda Aceh akhirnya dapat ke luar negeri yang dicita-citakan jauh hari.
Anak kedua dari pasangan Ferry Syafrizal dan Givianna Ely, yang tinggal dikawasan Geu Gajah, Darul Imarah, Aceh Besar, itu memiliki cita-cita layaknya remaja yang ingin meraih prestasi yang dapat membanggakan orang tua dan daerah maupun bangsa.
Bahkan, untuk meraih keinginan, dirinya berusaha semaksimal mungkin belajar dan belajar dari berbagai ilmu pengetahuan, termasuk juga belajar berbahasa asing seperti bahasa Inggris dan Jepang.
Ketekunan dalam belajar remaja cantik yang memiliki senyum menawan itu pada bulan April 2018, berhasil lulus mewakili Indonesia ke negeri Sakura dalam program pertukaran pelajar Bina Antarbudaya yang dinamakan program Kakehashi.
Dari obrolan Niva bersama kedua orangtuanya, diketahui, untuk pergi ke Jepang bukan hal yang mudah. Mulai ikut seleksi tingkat provinsi yang diikuti sekitar 500 pelajar. Bahkan ada tiga tahap tes yang harus dilalui untuk bersaing satu tiket ke Jepang dari 14 tiket yang disediakan.
Ada tujuh pelajar yang lolos program pertukaran pelajar, satu (Niva) memilih ke Jepang, sedangkan enam pelajar lainnya ke Amerika. “Saya memilih ke Jepang, karena memiliki budaya yang menarik dan ada tantang yang lebih. Pertama selain harus belajar bahasa Inggris dan harus belajar berbahasa Jepang. Tantang lain yang ingin dirasakan adalah bagaimana kehidupan masyarakat Jepang,” katanya.
Untuk ke Jepang, bukan hal mudah tanpa pengetahuan/ilmu dan dukungan orang tua. Sebab, selama enam bulan berada di Kota Nagoya (salah satu kota industri), kerinduan dengan orang tua dipastikan akan hadir, namun hal itu bukan suatu persoalan di zaman ini.
“Saya di Jepang, sudah ada orang tua angkat yang dicari oleh Bina Antarbudaya. Jadi persoalan itu dapat teratasi. Yang pasti saya ke Jepang selain ingin belajar, juga akan menampilkan dan mempromosi budaya Indonesia, khususnya Aceh,” kata remaja putri yang memiliki empat saudara itu.

*Jaga Nama Baik
Sementara itu, kedua orang tua berharap Niva yang memiliki berbagai prestasi di Aceh dapat menjaga nama baik daerah dan bangsa. “Jelek kelakuan, maka jelek daerah dan bangsa. Saya setiap saat meminta jaga nama baik bangsa dan daerah,” kata Ferry.
Katanya, meski rasa rindu akan hadir, apalagi hari raya Idul Adha, Niva berada di pesawat, sebab tanggal 21 Agustus pagi berangkat dari Banda Aceh ke Jakarta dan malamnya sekitar 22.00 WIB terbang ke Jepang.
“Rasa berat melepas, namun Niva sudah siap mental untuk meraih cita-cita,” katanya. (bai/rif)

Berikut berbagai prestasi yang diraih Niva:
*Internasional: Kakehashi Program Japan 2018/2019 dan IWSH 2018 Kuala Lumpur

*Nasional:
Best Photogenic Covergirl Junior 2013 di Jakarta
Best catwalk Indonesia Super Model 2014 di Jakarta
Precious Model Medan 2014
Juara 1 Perfect Model Medan 2014-2015
Kongres Pelajar Nusantara 2014 di Surabaya
Top 10 FLS2N Vokal Group 2015 di Palembang
Top 20 Duet Vokal Mymove Indihome se Sumatra 2017
Medan Fashion Week 2015-2016
Brand Ambassador Suzuya se Sumatra 2014-2016
Top 3 Vlog GMW Allianz Jakarta 2018

*Daerah:
Juara 1 Vokal Group FLS2N tingkat Kota Banda Aceh 2015
Juara 1 Vokal Group FLS2N tingkat provinsi Aceh 2015
Aceh Fashion Week 2016
Runner up 2 Inong Duta Lingkungan Hidup Banda Aceh 2017
Juara 1 Paduan Suara Pelajar Kota Banda Aceh 2017
Juara 1 Vokal Group Artlantis 2016
Juara 1 Fashion Show Beujroh Banda Aceh 2012
Juara 1 Dance tingkat Banda Aceh 2013
Juara 2 Nasyid Pascal 2018
Juara 1 Fashion Show Indonesia Super Model 2014