Sembilan Warga Australia Ditemukan Selamat

Kapal Pembawa Wisatawan Australia

SINGKIL (RA) – Sembilan turis asal Australia penumpang Kapal KM Jaya GT 06 yang sempat dilaporkan hilang, akhirnya tiba di Ujung Lolok, Kepulauan Banyak, Aceh Singkil.

Mereka masing-masing Mal Harvey, Callum Murray, James munro, Mark Morstead, Tim Skate, Simon Mamnix, Nicholas Skate, Dr. Peter Braun, dan Hugh Gilchrist. Di Nakhodai oleh Okta Derita dan di temani dua Anak buah kapal Dulu Zai dan Leli Zebua.

Sebelumnya, dilaporkan hilang kontak di antar perairan Nias (Sumut) dan Pulau Banyak (Aceh). Mereka berangkat dari pelabuhan Lahewa Kabupaten Nias Utara sekitar pukul 11.00 WIB, lalu singah di Pulau Sarang Baung Nias (Sumut) sekitar pukul 14.40 WIB.

Kemudian melanjutkan perjalanan sekitar pukul 15.30 WIB, tiba daerah Pulau Sarang Alu (Aceh). Sekitar pukul 16.40 WIB, saat dalam perjalanan dari Nias mereka mengalami kerusakan mesin kemudian Nakhodanya memerintahkan lempar jangkar.

Keluarga pemilik kapal kayu berukuran 3×14 meter yang di tumpangi sembilan turis Australia itu sekitar pukul 17.00 WIB, mencari dan menemukan mereka. Berikutnya diantar ke Ujok Lolok, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Aceh Singkil.

“Mereka telah tiba semalam sekitar pukul 21.00 WIB di Resort Friska penginapan yang ada di Ujung Lolok,” kata Sekretaris Satgas SAR Kepulauan Banyak Yudistira, Kamis (23/8).

Usai mengantarkan Turis, pihak keluarga langsung beranjak pulang ke ujung Sialit, Kecamatan Pulau Banyak Barat dengan keadaan selamat. (mag-74/mai)