Duta GenRe Diharap Harumkan Aceh

Rakyat Aceh

BANDA ACEH (RA) – Malam Penganugerahan Duta GenRe (Generasi Berencana) Aceh Tahun 2018 sudah berakhir pada 20 Agustus malam lalu. Baik di PIK R (Pusat Informasi Konseling Remaja) Jalur Pendidikan maupun Masyarakat.

Untuk PIK R Jalur Pendidikan Juara I diraih Ahmad Razaq (SMAN 10 Fajar Harapan, Banda Aceh) dan As Shifa Salsabil (SMA Arun, Lhokseumawe). Sedangkan PIK R Jalur Masyarakat diraih Teuku Awis Aulia (Saka Kencana) dan Izzatul Muna (PIK R Musdiga).

Kepala Perwakilan BkkbN Aceh, Drs Sahidal Kastri MPd di Banda Aceh, Minggu (26/8) mengatakan, Duta GenRe Aceh 2018 yang mewakili Aceh tingkat nasional pada Oktober mendatang di Jakarta dapat mengharumkan nama Aceh kembali, seperti tahun-tahun yang sudah.

“Minimal juara Favorit bisa diraih. Saya rasa anak-anak kita mampu meraihnya, untuk itu harus mempersiapkan diri dengan baik, baik secara wawasan maupun mental,” kata Sahidal.

Lanjut Sahidal, Duta GenRe Aceh 2018 merupakan mitra kerja BkkbN yang bertugas sebagai panutan di tengah remaja lainnya, agar mampu bersikap positif dan mampu menyebarluaskan program GenRe dan Triad KKR di tengah masyarakat terutama kepada remaja.

Deputi KS-PK (Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga) BkkbN, Dr dr M Yani MKes PKK mengatakan, BkkbN sebagai lembaga yang ikut andil dalam penyiapan remaja berkualitas dengan program GenRe nya.

“Remaja harus merencanakan masa depannya dengan baik, pendidikan, karir, dan berkeluarga. Remaja juga diharapkan terhindar dari risiko Triad KRR (menghidar menikah pada usia muda, tidak melakukan seks pra nikah, dan jauhi narkoba),” jelas M Yani.

Kabid KS-PK Perwakilan BkkbN Aceh, Ir Nur Zikra Hayati mengatakan, tujuan kegiatan ini tak lain untuk mempesiapkan sosok remaja yang menjadi role model bagi remaja lainnya dalam rangka mensosialisasikan program GenRe dikalangan remaja, serta sikap dan prilaku remaja untuk berprilaku sehat dan berakhlak mulia.

“Konsep pemilihan Duta GenRe tahun ini sangat berbeda dari sebelumnya karena mengedepankan aspek jati diri remaja dan serta kiprahnya dalam Program GenRe melalui PIK R,” ujar Nur Zikra.

Sementara Duta GenRe Aceh 2018, Ahmad Razaq, As Shifa Salsabil, Teuku Awis Aulia dan Izzatul Muna mengatakan, akan mempersiapkan diri dengan baik untuk bertarung ditingkat Nasional. “Doakan kami bisa mengharumkan nama Aceh di tingkat Nasional,” ucap mereka.

Sedangkan pesan mereka untuk remaja Aceh, agar remaja mempersiapkan masa depannya dengan baik, memanfaatkan usia muda dengan prestasi dan hal-hal yang positif. Tingkatkan skil dan menjadi agen perubahan. (ril/bai)